Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola meminta kader Pramuka di wilayahnya bijak dan cerdas dalam memanfaatkan teknologi informasi terutama media sosial (medsos).

"Sejalan dengan penekanan Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas), kader Pramuka harus bijak dan cerdas dalam memafaatkan informasi teknologi," katanya usai menajadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Pramuka ke-56 Tingkat Provinsi Jambi di lapangan kantor gubernur Jambi, Jumat.

Menurutnya, dalam ilmu teknologi (IT) seperti saat ini, Pramuka bisa memanfaatkan IT dengan positif.

Zola juga berharap di tengah tantangan dan kemajuan zaman saat ini, Pramuka bisa menjadi pilihan yang menarik, terutama bagi generasi muda di Jambi.

Zola juga mengapresiasi program Pramuka di bawah kepemimpinan Kakawarnas Adhyaksa Dault dan merespon positif program yang dijalankan.

"Kami menyambut baik, kami merespon positif, insyaAllah program-program Kakwarnas akan kami terapkan di Pramuka Jambi ini. Alhamdulillah Pramuka Jambi sejauh ini sudah baik dan tentu kami menginginkan lebih baik," ujarnya.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault juga ikut hadir dalam peringatan hari Pramuka Tingkat Provinsi Jambi itu, setelah sebelumnya, Kamis (28/9) malam melantik Zumi Zola sebagai Kepala Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida).

Dalam arahannya, Kakwarnas menyatakan Pramuka merespon cepat hal yang diingatkan oleh Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Kamabinas Pramuka untuk memanfaatkan media sosial dengan baik, dimana Pramuka memiliki tagline "Setiap Pramuka adalah Kantor Berita".

"Artinya anggota Pramuka harus aktif, produktif dan kreatif dalam menyuarakan atau mengabarkan keadaan di sekitarnya, serta menolak berita palsu (hoax)," kata Adhyaksa.

Pramuka lanjutnya, tidak sekedar hanya menjadi konsumen informasi, tetapi juga menjadi produsen informasi yang positif dan konstruktif, yang menjadi spirit baru gerakan Pramuka di era digital.

"Keberadaan gerakan Pramuka baik di media sosial maupun di dunia nyata harus lebih terasa kehadirannya, bukan sekadar untuk dirinya, tetapi juga untuk masyarakat luas," katanya lagi.

Dalam peringatan Hari Pramuka itu juga diberikan tanda penghargaan kepada para kader Pramuka berprestasi se-Provinsi Jambi.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017