Jambi, Antarajambi.com - Warga Desa Sungai Terap, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sempat dibuat geger dengan ditemukannya tumbuhan jenis kembang yang berukuran besar (raksasa) jenis Bunga Raflesia atau Bunga Bangkai di halaman rumah warga setempat.

Kembang raksasa (Amorphophallus titanum) atau di sebut suweg raksasa ditemukan di halaman depan rumah milik Sumin warga RT 02, Desa Sungai Terap, spontan membuat warga berbondong bondong ingin melihat kembang yang konon langka dan baru timbul selama puluhan tahun itu.

Bukan hanya warga sekitar  kemunculan kembang raksasa ini, menarik perhatian para pejabat Kabupaten setempat, untuk melihat langsung kembang raksasa tersebut.

"Kembang itu tumbuh di pinggir jalan depan rumah ibu Sumin warga RT 02,"ujar Jamadi Kades Sungai Terap kemarin (3/10)

Dijelaskannya, bunga yang sempat membuat  heboh itu ukurannya memang besar dan baunya persis bangkai. "Satunya mulai layu tapi ada tunas lain lagi yang baru muncul"ucap Jamadi.

Diakuinya, kalau bunga itu baru pertama kali tampak tumbuh di daerahnya, dan ukurannya memang beda di bandingkan tumbuhan lainnya.

"Dari saya kecil sampai sekarang baru pertama kali ini tumbuh disini, kabarnya bunga ini langka dan puluhan tahun baru bisa tumbuh lagi,"terangnya.

Kembang raksasa ( Amorphophallus titanum )atau di sebut suweg raksasa sejenis tumbuhan dari suku Talas talasan endemik dari Sumatera yang lebih di kenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia bahkan bunga setinggi 5m sering disebut Bungai Bangkai dikarenakan bunganya mengeluarkan bau seperti Bangkai.


Pewarta: Ian

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017