Jambi, Antarajambi.com - Atlet Universitas Jambi (Unja) menyumbang tiga medali emas bagi Kontingen Jambi pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2017 yang digelar di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Alhamdulillah perkembangan terakhir Kontingen Pomnas Jambi berada di peringkat keenam klasemen sementara Pomnas 2017. Atlet Universitas Jambi menyumbang tiga medali emas, satu perak dan satu perunggu," kata Rektor Unja Prof H Johni Najwan di Jambi, Rabu.

Hingga Rabu (18/10), Kontingen Jambi berada di peringkat keenam dan sementara memimpin dari kontingen perguruan tinggi Sumatera lainnya  dengan torehan tiga emas, dua perak dan dua perunggu.

Sedangkan peringkat lima besar ditempati DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah. Tiga medali emas yang diraih atlet Unja antara lain dari cabang tarung drajat atas nama Hardi yang menjadi juara pada kelas 68-70Kg. 

Dua emas lainnya diraih diraih Jambi dari cabang pentaque single woman atas nama Mirda Wahyuni dan doble woman. Emas itu merupakan salah satu target medali emas Kontingen Pomnas Jambi.

"Masuknya di peringkat keenam merupakan sebuah raihan yang membanggakan, mudah mudahan bisa menambah emas pada dua hari tersisa di ajang Pomnas ini, kami berharap Kontingen Pomnas Jambi bisa mempertahankan posisi di klasemen umum," kata Johni Najwan.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Unja, Dr Sukendro yang mendampingi Kontingen Jambi menyebutkan Jambi masih berpeluang untuk menambah pundi-pundi emasnya karena masih ada beberapa cabang olahraga unggulan bagi Kontingen Pomnas Jambi.

"Peluang masih ada di pentaque karena ada atlet yang masih berlaga di empat besar dan delapan besar dan Kamis besok final. Selain itu kempo juga berpeluang menyumbang emas," kata Sukendro.

Terkait keberhasilan Kontingen Jambi menyodok daerah tetangganya sesama Sumatera di ajang itu merupakan sebuah pencapaian yang cukup optimal, namun demikian harus tetap menjaga peluang agar tetap berada di peringkat terbaik.

"Secara umum dan target kita masih mengupayakan satu medali emas lagi, dan persaingan masih akan terjadi dalam dua hari terakhir ini. Namun dari pemetaan peluang Kontingen Jambi 'on the track'," kata Sukendro yang juga Sekretaris Umum KONI Provinsi Jambi itu.

Pada ajang Pomnas 2017 di Makassar, Jambi menurunkan atlet mahasiswanya yang juga menjadi tulang punggung daerah itu pada berbagai kejuaraan dan PON 2016. Salah satunya para atlet cabang pentaque yang juga meraih medali emas pada kejuaraan nasional pentaque di Denpasar Bali, awal Oktober lalu.


Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017