Jambi, Antarajambi.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi akan meluncurkan (launching) Batik Jambi warna pastel dalam kegiatan Jakarta Fashion Week di Jakarta, Senin (23/10).

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Sherrin Tharia Zola di Jambi, Minggu, mengatakan peluncuran warna Batik Jambi ini merupakan yang kedua setelah Dekranasda bekerjasama dengan desainer ternama Barly Asmara, yang mana dalam kegiatan Indonesia Fashion Week 2017 di Plaza Indonesia beberapa waktu lalu diluncurkan Batik Jambi warna hitam putih.

Sherrin menjelaskan, alasan pemilihan warna pastel dalam peluncuran warna Batik Jambi ini, selain untuk menambah koleksi warna juga agar Batik Jambi semakin bisa diterima semua kalangan, terutama generasi muda agar mereka lebih rileks menggunakannya.

Dekranasda dan semua pihak terkait katanya akan mengangkat pewarnaan-pewarnaan alam, termasuk untuk tenun. Motifnya seperti motif duren pecah, kapal sanggat dan motif-motif Jambi lainnya.

"Tahun depan kami akan mengangkat motif-motif yang ada di Museum Jambi untuk mengangkat sejarah dan budaya Provinsi Jambi. Ada 48 koleksi yang akan ditampilkan dalam launching tersebut," kata Sherrin.

Sherrin berharap agar semua lini masyarakat Jambi mengenal Batik Jambi mulai dari anak-anak TK, sebab itu pengenalan Batik Jambi harus diupayakan kepada anak sejak dini.

Dirinya juga berharap dukungan dan doa masyarakat Provinsi Jambi agar launching Batik Jambi warna pastel tersebut berlangsung lancar dan sukses agar Jambi lebih dikenal dari batiknya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diaperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah mengatakan launching dilaksanakan di Jakarta karena sebagai ibukota negara Indonesia, Jakarta juga kiblat fashion di Indonesia.

Selain itu kata Ariansyah, kerjasama dengan desainer ternama Barly Asmara melibatkan 85 orang pengrajin Jambi.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017