Jambi, Antarajambi.com - Sebanyak 48 koleksi Batik Jambi warna pastel diluncurkan dalam Jakarta Fashion Week (JFW) pada sesi Jambi Kain Negeriku di Senayan City Jakarta, Senin.

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Sherrin Tharia Zola di Jakarta, mengatakan launching Batik Jambi warna pastel ini merupakan yang kedua setelah Dekranasda bekerja sama dengan desainer ternama Barli Asmara, yang mana beberapa waktu juga dilakukan peluncuran Batik Jambi warna hitam putih.

Sherrin menjelaskan, alasan pemilihan warna pastel selain untuk menambah koleksi warna Batik Jambi juga agar Batik Jambi semakin bisa diterima semua kalangan, terutama generasi muda agar mereka lebih rileks menggunakannya.

Pemilihan warna pastel tersebut kata Sherrin, merupakan keinginannya setelah melihat berbagai warna yang dibuat oleh para pengrajin.

Untuk motif Batik Jambi, Sherrin menyatakan kerjasama dengan Barli Asmara tetap menampilkan motif-motif orisinal Batik Jambi, hanya saja diolah supaya tampil lebih menarik lagi.

Dengan hadirnya warna pastel ini, Sherrin mengharapkan agar Batik Jambi lebih luwes dan bukan hanya digunakan dalam acara-acara tertentu seperti resepsi nikahan, tetapi juga dapat digunakan sehari-hari.

Sherrin mengungkapkan, setelah launching Batik Jambi warna pastel di level nasional ini, selanjutnya akan dipasarkan di pasar nasional bahkan jika bisa di pasar internasional.

"Selain untuk mengangkat nama dan budaya Jambi, juga untuk meningkatkan kesejahteraan para pengrajin. Oleh karena itu kita harapkan Batik Jambi sukses di pasar nasional dan internasional," kata Sherrin.

Ke depan, kata Sherrin Dekranasda dan semua pihak terkait akan kembali mengangkat pewarnaan-pewarnaan alam, termasuk untuk tenun.

Pada launching Batik Jambi warna pastel yang disajikan dalam 48 koleksi itu dikenakan oleh para pragawati dan disaksikan ratusan orang mulai dari para pemerhati fashion, desainer, para pelaku industri busana, para model dan media.

Sementara itu, Barli Asmara mengatakan dilaunchingnya Batik Jambi warna pastel merupakan bagian dari upaya go nasional Batik Jambi. Bahkan diupayakan go internasional.

Barli menjelaskan, dalam mendesain dirinya tetap mempertahankan motif Batik Jambi sebagai bagian dari budaya daerah Jambi.

"Saya tidak mengganggu motif, saya ingin budaya daerah dilestarikan dan terangkat," kata Barli.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017