Jambi, Antarajambi.com - Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi selain melakukan pelatihan sektor pertanian dan perkebunan juga menjadi ajang edukasi agraris bagi para pelajar dan generasi muda di daerah itu.

"Selain menggelar pelatihan bagi peserta dari sejumlah provinsi di Sumatera bagian barat, kami juga kerap menerima kunjungan pelajar dalam program pengenalan pertanian maupun praktik lapangan," kata Kepala Bagian TU BPP Jambi Marsudi di Jambi, Selasa.

BPP Jambi yang berlokasi di Pal-13 Jalan Raya Jambi - Palembang tersebut memiliki areal lahan seluas 55 hektare yang menjadi ajang pelatihan bagi peserta dan juga generasi muda yang berkunjung.

"Kami terima mereka dan memberikan pendampingan bagi anak-anak yang ingin mengenal pertanian, khususnya perkebunan," katanya.

BPP Jambi yang dilengkapi sejumlah ruang pertemuan, belajar, asrama dan bungalow tersebut berdiri asri dengan nuansa perkebunan dan kebun buah-buahan.

"Para pelajar ingin belajar dan ada juga yang menginap di sini, kami beri pelayanan mereka. Anak-anak senang," katanya.

Para pendamping dari pengunjung adalah para widyaiswara atau pengajar di BPP Jambi.

BPP Jambi merupakan balai pelatihan pertanian dengan konsentrasi bidang perkebunan dan pertanian. Balai itu juga terlibat dalam Upsus Khusus (Upsus) dalam rangka peningkatan produktivitas produksi pangan di wilayah kerjanya.

Balai itu pula menjadi ajang praktik dan "laboratorium" bagi tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian di Jambi untuk menerapkan teori dan pelajaran yang mereka peroleh di sekolah khusus pertanian itu.

"Mereka rutin melakukan kunjungan dan praktik di sini, kami juga memiliki `screen house` yang bisa digunakan untuk praktik. Kami terus melengkapinya. BPP Jambi juga tempat uji kompetensi sertifikasi profesi sektor pertanian, khususnya perkebunan," kata Marsudi menambahkan


Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017