Batanghari, Antara Jambi – Dana santunan kematian untuk warga miskin di Kabupaten Batanghari pada tahun 2017 telah terserap 80 persen.
 
"Saat ini dana santunan kematian yang dianggarkan melalui APBD kabupaten Batanghari tahun 2017 sudah tersalurkan untuk 312 orang atau sekitar 80 persen," kata Kepala BKD Batanghari, M Azan di Muara Bulian, Selasa.
 
Dikatakan Azan, besaran santunan kematian tahun 2017 yang dianggarkan pemerintah Kabupaten Batanghari sebesar Rp1,1 milyar untuk disalurkan kepada 400 orang di Batanghari. Yang mana setiap orang akan menerima santunan kematian sebesar Rp3 juta. Saat ini kuota tersebut sudah terpakai untuk 312 orang.
 
"312 rekomendasi sudah direalisasikan dananya, sementara 20 rekomendasi yang disampaikan Dinas Sosial ke BKD, belum lama ini dikembalikan lagi ke Dinas Sosial. Hal itu dikarenakan masih ada bahan yang kurang dan sampai saat ini rekomendasi itu belum disampaikan lagi ke BKD,” kata Azan .
 
Sementara itu pada tahun depan, Badan Keuangan Daerah kembali mengusulkan anggaran untuk program dana santunan kematian melalui APBD murni tahun 2018. Anggaran yang di usulkan tersebut jumlahnya sama dngan anggaran pada tahun 2017 yakni sebesar Rp1,1 miliar.
 
"Pemberian santunan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemkab atas musibah yang dialami warga. Pemerintah berharap, bantuan yang disalurkan kepada ahli waris tersebut bisa membantu meringankan beban keluarga yang ditinggalkan," katanya menambahkan

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017