Jambi, Antara Jambi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari menetapkan status siaga dua (II) banjir melalui rapat bersama Sekretaris Daerah dan OPD terkait. 

"Kita tadi telah melakaukan rapat bersama pak Sekda dan beberapa instansi terkait untuk menetapkan status siaga dua bencana banjir. Dimana berdasarkan pantaun yang dilakukan oleh tim reaksi cepat BPBD saat ini ketinggian air pada angka mencapai 248 centimeter," Kata Kepala Pelaksana BPBD Nazhar di Muara Bulian, Selasa.

Nazhar menyatakan sejauh ini banjir sudah mulai terjadi di beberapa kelurahan dan desa. Diantaranya kelurahan Muara Tembesi dan Kelurahan Muara Bulian serta  sembilan desa dari lima kecamatan. 
 
"Titik terparah sendiri berada di Keluarahan Tembesi, dimana banjir sudah mulai mengenangi akses jalan dengan kedalaman mencapai setengah meter," katanya.
 
Selain itu, beberapa rumah juga terpantu mulai di genangi banjir, sedikitnya ada 14 rumah yang saat ini telah terendam banjir. Meski demikian, hingga saat ini belum ada intruksi untuk meliburkan anak sekolah.
 
Untuk sementara BPBD melakukan pendataan terhadap rumah-rumah yang terkena banjir dan jika keadaan semakin parah data-data tersebut dapat langsung di ajukan ke sosial atau BNPB untuk pemberian bantuan. 
 
"Saat ini petugas telah kita siagakan di posko darurat banjir, untuk sementara kita baru memberikan bantuan perahu karet sebagai akses masyarakat, namun untuk bantuan lainnya masih kita lakukan pendataan dan akan kita koordinasikan dengan pihak sosial dan intansi terkait lainnya," katanya menambahkan.

Pewarta: Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017