Jambi, Antara Jambi - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan memacu semangat  mahasiswa Universitas Jambi untuk berani memunculkan gagasan dan ide yang bisa menjadi solusi bagi masyarakat.    

"Kampus harus melahirkan orang-orang hebat, dan mahasiswa juga harus memiliki cita-cita untuk menjadi hebat. Jangan ragu untuk menyampaikan gagasan," kata Dahlan Iskan saat menjadi narasumber pada seminar bertema "Pemuda, Gagasan dan Karya" di Aula Rektorat Universitas Jambi (Unja),  Kamis (7/12).

Hadir para seminar nasional itu Rektor Unja Prof H Johni Najwan, para dosen serta ratusan mahasiswa yang memadati ruangan aula utama di kampus Pinang Masak Unja Mendalo itu. Selain dari Unja, peserta juga hadir dari sejumlah kampus seperti dari UIN Malikussaleh Aceh, Universitas Lambung Mangkurat dan perwakilan dari Universitas Indonesia.

Dengan gayanya yang khas dan penuturan yang komunikatif, Dahlan Iskan menyampaikan sejumlah pengalaman hidupnya sehingga mencapai karier puncak sebagai menteri.

Ia menekankan terhadap lahirnya gagasan-gagasan dari generasi muda di Indonesia, terutama dari kalangan kampus yang diharapkan bisa melahirkan terobosan dan solusi bagi masyarakat.

Secara interaktif, mantan Menteri BUMN yang senang bersepatu sport tersebut memanggil sejumlah mahasiswa yang hadir ke depan. Ia menanyakan gagasan yang dimiliki oleh mahasiswa itu. 

Mendapat pertanyaan spontan, beberapa mahasiswa sempat kebingungan, namun akhirnya bisa menyampaikan gagasan yang ada di benaknya dan mendapatkan komentar dari mantan menteri itu yang disertai candanya yang khas.

"Mahasiswa harus memiliki gagasan-gagasan yang menjawab kebutuhan masyarakat. Harus melahirkan gagasan-gagasan baru dan berkarya," katanya.

Sementara itu Rektor Unja Prof H Johni Najwan menyatakan, kegiatan seminar itu sangat strategis karena memberikan motivasi dan memacu mahasiswa untuk memiliki keberanian untuk menyampaikan ide dan gagasnanya.

"Kami berharap energi dari Pak Dahlan bisa tertular ke mahasiswa dan generasi muda di Jambi. Ia berjiwa pemuda," kata rektor.

Menurut dia, mahasiswa dan pemuda merupakan harapan untuk masa depan Bangsa Indonesia sehingga harus memiliki jiwa yang sehat dan gagasan-gagasan brilian. Pemuda harus memiliki jiwa yang kuat, pekerja keras dan juga harus berani berkompetisi karena tantangan masa depan yang semakin kompleks.

Sementara itu ketua panitia seminar yang juga Wakil Presiden BEM Unja Hafiz  menyatakan kehadiran Dahlan Iskan memberikan inspirasi bagi generasi muda melalui gagasan dan paparan yang disampaikannya pada kesempatan itu. 

"Sangat bermanfaat. Ia memacu untuk berani menyampaikan gagasan dan ide," katanya menambahkan.
     

Pewarta:

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017