Jambi, Antarajambi - Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Jambi menyatakan pasokan kebutuhan pangan beras di daerah itu aman terutama menghadapi Natal dan tahun baru, sehingga masyarakat diimbau untuk tidak khawatir.

"Pasokan beras yang kita miliki mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama tiga bulan kedepan," kata Kepala Bulog Divisi Regional Jambi M Yusuf Salahuddin di Jambi, Rabu.

Pasokan beras tersebut kata Yusuf, juga tersedia di gudang sub-divre Bulog yang tersebar pada sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Dengan persediaan beras hingga tiga bulan ke depan tersebut, dipastikan mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama hari besar keagamaan Natal dan libur tahun baru.

Selain itu, untuk menstabilkan harga beras di pasaran selama Natal dan tahun baru, pihaknya bersama tim Satgas Pangan Jambi telah menggelar operasi pasar khususnya di pasar-pasar tradisional.

"Kami telah mengantisipasi kenaikan harga dengan melakukan operasi pasar dengan menggunakan beras cadangan pemerintah," kata dia.

Selain beras, pihaknya juga memastikan bahwa pasokan gula di Provinsi Jambi juga terpenuhi, dan saat ini stok yang tersedia secara nasional mencapai 450 ribu ton untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Pada prinsipnya berapa yang dibutuhkan masyrakat kita siap menyuplai, sehingga tidak perlu muncul kepanikan soal kelangkaan komoditas pangan maupun pangan pokok," kata Yusuf menjelaskan.

Sementara itu, berdasarkan? hasil pantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok oleh tim Satgas Pangan di dua pasar tradisional di Jambi, harga beras terendah Rp12.000 per kilogram dan tertinggi Rp13.000 per kilogram.

Kemudian cabai merah Rp35.000 per kilogram, bawang merah Rp20.000 per kilogram, gula pasir tidak ada perubahan atau masih Rp12.500 per kilogram dan minyak goreng Rp10.000 per kilogram.

Khusus daging sapi, di dua pasar tradisional tersebut masih dengan harga stabil yakni Rp120.000 per kilogram, Namun untuk harga daging ayam potong naik Rp1.000 menjadi Rp31.000 per kilogram.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017