Jambi, Antarajambi - Maskapai penerbangan Xpress Air menyiapkan pembukaan rute baru Jambi-Bandung, Jawa Barat, dan sebaliknya sebagai upaya mendukung dan meningkatkan sektor pariwisata di daerah itu.

"Saat ini progres pembukaan rute penerbangan baru tersebut masih dalam proses perizinan," kata Station Supervisor Xpress Air Perwakilan Jambi, Yuarno Arbi di Jambi, Kamis.

Dalam melayani rute penerbangan Jambi-Bandung itu, maskapai Xpress Air akan menggunakan pesawat type Boeing 737/500 dengan kapasitas penumpang 123 seat dan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

Yuarno mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan tanggal yang tepat untuk dimulainya operasi rute baru ini.

Namun yang jelas kata dia, rute penerbangan baru itu akan mulai beroperasi begitu izin telah dikeluarkan. Sedangkan dalam persiapan di Jambi telah melakukan kordinasi dengan pihak Bandara Sultan Thaha Jambi.

"Untuk rute ini akan ada empat kali penerbangan dalam seminggu, yakni Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu," katanya.

Dengan adanya rute baru penerbangan tersebut, diharapkan dapat membantu dan mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan pariwisata di Jambi.

"Kami menilai rute penerbangan baru ini sangat potensial karena 30 persen penumpang dari Jambi itu sebenarnya mereka menuju Bandung dengan berbagai keperluan," katanya.

Selain itu, rute penerbangan baru dari Jambi-Bandung dan sebaliknya itu merupakan cara menggeser pasar untuk mengurangi kesibukan penerbangan menuju Bandara Soekarno Hatta Tangerang.

"Jadi penumpang tidak harus transit dulu di Jakarta sehingga waktu tempuh menuju Bandung juga semakin cepat tidak harus kejebak macet," katanya.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017