Jambi (Antaranews Jambi) - Bupati Merangin Al Haris, Senin, mengukuhkan ribuan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) desa dan kelurahan Kabupaten Merangin untuk pengamanan Pilkada 2018 di daerah itu.

Pada pengukuhan yang dikemas dalam Apel Siaga itu, Haris menegaskan Satlinmas harus bekerja betul-betul dengan penuh rasa tanggungjawab di Tempat Pemilihan Suara (TPS) masing-masing.

"Lindungi masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya di TPS. Satlinmas jangan sampai terintimidasi oleh pihak-pihak yang tidak ingin Pilkada Merangin 2018 berlangsung aman dan lancar. Pastikan semua masyarakat yang mempunyai hak pilih mendapatkan undangan untuk memilih," kata Haris di Merangin.

Sebab menurut bupati, warga bisa saja terintimidasi dan dipengaruhi oleh pihak-pihak tertentu, agar tidak datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Bupati mengatakan saat ini sangat banyak isu-isu yang tidak benar dan menyesatkan dilempar pihak tertentu, dengan tujuan mengacaukan pelaksanaan Pilkada Merangin 2018. Sebab itu Satlinmas juga harus mampu menepis isu-isu tersebut.

"Saya tidak ingin Pilkada Merangin 2018 dinodai sekelompok orang yang tidak bertanggungjawab dan akhirnya jadi kacau. Keamanan dan kondusifnya kondisi pelaksanaan Pilkada Merangin 2018 diatas segalanya," tegasnya.

Selain itu bupati juga minta Satlinmas Pilkada Merangin 2018 untuk tidak membeda-bedakan calon bupati yang berkunjung ke wilayah kerjanya. Siapapun calon bupati Merangin yang berkunjung, pastikan mereka merasa aman dan nyaman.

Sedangkan kepada para kepala desa bupati mengharapkan agar bersiap untuk pelaksanaan pemilihan suara Pilkada Merangin 2018 di desa masing-masing dengan sebaik-baiknya.

"Siapapun bupati terpilih nanti, akan menentukan nasib pembangunan Merangin lima tahun ke depannya," ujarnya.

Selain Satlinmas, pada Apel Siaga itu,m bupati juga menegaskan kepada semua anggota Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pilkada Merangin 2018, agar jangan ada yang merangkap jabatan menjadi anggota Satlinmas.

"Antara Panwaslu dan Satlinmas itu mempunyai tugas masing-masing pada Pilkada Merangin 2018. Panwas mengawasi jalannya Pilkada sedangkan Satlinmas tugasnya memberikan keamanan dan ketertiban di setiap TPS," kata Haris menambahkan.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018