Jambi, 28/1 (Antara) - Kawasan kampus Universitas Jambi (Unja) di Mendalo Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi memiliki potensi dikembangkan menjadi lokasi wisata pendidikan sekaligus mendorong minat pelajar melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

"Kampus ini memiliki suasana yang khas, rindang dan ada beberapa kawasan yang bisa menarik bagi para pelajar maupun masyarakat umum. Potensial sekali dikembangkan menjadi kawasan wisata edukasi," kata Harly (40) salah seorang pengunjung di Kampus Unja, Minggu.

Tah hanya Harly, beberapa temannya yang juga berasal dari Jakarta juga menyatakan hal yang sama terkait kawasan itu. Menurut dia kawasan itu tak hanya sebagai sarana perkuliahan bagi mahasiswa Unja, namun juga bisa untuk wisata pendidikan para siswa di Provinsi Jambi.

Selain bisa mengunjungi unit-unit yang ada di kampus itu, juga memiliki beberapa pemandangan yang bisa dikembangkan. Salah satunya keberadaan embung atau cekungan tempat menampung air yang bisa dikembangkan menjadi taman yang cantik serta keberadaan pepohonan aneka macam jenis pohon hutan yang ada di Jambi.

"Kunjungan siswa akan mendorong mereka untuk meningkatkan minat mereka berkuliah, atau mengenal dari dekat kampus ini (Unja)," kata Harly, yang juga salah seorang pendidik di Jakarta itu.

Menurut dia beberapa lokasi yang rindang bisa didesain menjadi kawasan yang menarik bagi kawula muda khususnya para pelajar. Lebih maksimal lagi bila dikombinasikan dengan berbagai kegaitan yang melibatkan para pelajar di Jambi.

"Sebagai perguruan tinggi negeri pertama dan terbesar di Jambi, Unja memiliki semuanya. Saya kira wisata pendidikan di sini sangat tepat," katanya. Kehadiran beberapa fasilitas seperti Fakultas Pertanian (Fapet) Farm, kebun penelitian, Kebun Pembibitan serta lainnya masih bisa dikembangkan.

Selain itu kehadiran fasilitas seperti Cyber Park, student center, perpustakaan dan lainnya bisa mendukung kegiatan wisata edukasi di kampus itu.

"Idealnya pada setiap akhir pekan, kawasan itu bisa banyak dikunjungi oleh para siswa. Lebih bagus lagi bila ada paket wisata pelajar, contohnya dengan kunjungan ke museum atau lainnya. Itu lebih menarik," kata Harly.

Universitas Jambi saat ini terus menata kawasan dan infrasruktur. Bahkan sebentar lagi perguruan tinggi yang saat ini dipimpi Rektor Prof H Johni Najwan tersebut akan memiliki bangunan baru untuk rektorat yang berada di bagian depan kampus itu.

"Kami akan membangun Gedung Rektorat di Kampus Unja Mendalo, serta gedung di fakultas kedokteran dan pascasarjana," kata Prof H Johni Najwan beberapa waktu lalu.

Pihaknya mendukung program pengembangan kampus, termasuk melengkapi beberapa fasilitas untuk kegiatan mahasiswa atau student center yang dilengkapi dengan internet dan pendukungnya.

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018