Jambi, Antaranews Jambi - Bupati Muarojambi Hj Masnah Busyro mengimbau masyarakat di daerah itu sadar terhadap pentingnya identitas dan dokumen kepndudukan yakni kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga dan akte kelahiran.

"Pemkab Muarojambi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terus melakukan imbauan kelengkapan dokumen kependudukan, bukan dirinya saja tapi seluruh anggota keluarganya. Karena identitas diri sangat  diperlukan dalam berbagai urusan," kata Bupati Masnah.

KTP dan kartu keluarga merupakan dokumen yang selalu disyaratkan dalam berbagai urusan baik untuk kepentingan kependudukan, pendidikan, kesehatan, pengurusan sertifikat, pendaftaran kepemilikan kendaraan bermotor dan  lainnya.

Ia meminta warga yang telah lama tinggal di kabupaten itu namun belum mengurusi data dan identitas kependudukkanya segera melengkapinya karena akan berpengaruh terhadap pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Bupati Masnah "on air" paparkan Muarojambi Tuntas 2022
Baca juga: Bupati Muarojambi tekankan disipin jam kerja (video)

Pelayanan publik akan lancar dan prima, bila didukung oleh kelengkapan dokumen kependudukan dan data diri dari masyarakatnya.

Ia menekankan kepada para kepala desa dan ketua RT untuk melakukan pengecekan data kependudukan warganya.

Data kependudukan juga sangat penting dalam urusan pemerintahan, salah satunya dalam pemekaran desa, sehingga dengan adanya data diri penduduk bisa lebih memudahkan pencatatan administrasi di desa.

Ia menegaskan, ada aturan kependudukan yang harus dipatuhi salah satunya bagi warga yang telah lama tinggal untuk segera melakukan pengurusan administrasi kepindahan dari daerah asal.

Baca juga: Bupati Masnah temui Menkum HAM bahas pembangunan lapas perempuan
Baca juga: Masnah : Optimalkan upaya pencegahan Karhutla

Pihaknya melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran warga guna melengkapi data diri kependudukannya.

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018