Jambi (Antaranews Jambi) - Pemkot Jambi melalui Dinas Pendidikan menggelontorkan anggaran senilai Rp9,1 miliar untuk pengadaan komputer yang akan digunakan dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2018.

"Tahun ini ada sebanyak 1.200 unit komputer yang akan dibeli melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah senilai Rp9,1 miliar," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Arman di Jambi, Rabu.

Dalam pembelian prasana untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer itu saat ini sebagian perangkat sudah datang dan didistribusikan ke sejumlah sekolah penerima.

"Sekarang ini yang sudah datang dan didistribusikan ada sebanyak 413 unit komputer, sementara sisanya akan datang dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Sebanyak 413 komputer yang sudah tiba itu telah didistribusikan ke sejumlah sekolah, diantaranya SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4, SMPN 9, SMPN 10, SMPN 12, SMPN 13, SMPN 15, SMPN 20 dan SMPN 23.

Perangkat komputer itu kata dia, didatangkan gsecara bertahap karena harus dilakukan proses penginstalan yang dilakukan oleh pihak penyedia.

"Sebagian komputer yang sudah didistribusikan ke sekolah sudah kita pasang, sudah dicek, bagus semua," katanya.

Pemerintah Kota Jambi manargetkan seluruh Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Jambi dapat melaksanakan ujian nasional berbasis komputer pada tahun ini.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Arianto,mengatakan harga pembelian untuk satu unit komputer tersebut senilai Rp7,6 juta yang dibeli melalui e-Katalog.

Selain komputer yang dibeli pemerintah daerah, pihak pemerintah pusat juga telah memberikan bantuan sebanyak 80 perangkat komputer.

"Untuk bantuan dari pusat tidak semua sekolah menerima, hanya ada beberapa sekolah yang mendapatkan bantuan komputer dari pemerintah itu, yakni SMPN 1, SMPN 6, SMPN 8, SMPN 12, SMPN 14," kata Arianto menambahkan.***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018