Jambi (Antaranews Jambi) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi menyatakan logistik untuk warga di daerah itu jika terdampak bencana seperti banjir, longsor, angin puting beliung dan kebakaran sudah tersedia dan mencukupi.

"Logistik kita siap, meskipun sudah di salurkan ke masing-masing kabupaten kota, di provinsi masih tersedia," kata Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah di Jambi, Rabu.

Bahkan dalam waktu dekat kata Bachyuni, BPBD kembali akan mengajukan permintaan logistik ke pemerintah pusat mengingat curah hujan di provinsi itu masih tinggi.

Namun dia menyarankan pemerintah kabupaten dan kota untuk menganggarkan penyediaan logistik seperti beras dan makanan siap saji untuk warga terdampak bencana agar daerah lebih mandiri dan tidak selalu mengandalkan pemerintah provinsi.

"Dalam berbagai pertemuan saya juga sarankan agar BPBD kabupaten/kota menganggarkan logistik. Jadi supaya mereka mandiri jangan tergantung dengan pemerintah provinsi," katanya menjelaskan.

Sementara dalam penanggulangan bencana, BPBD kata Bachyuni juga sudah menyiapkan desa siaga bencana baik bencana banjir dan longsor maupun bencana lainnya.

"Hal itu dilakukan agar masyarakat sudah siap mengantisipasi dampak jika sewaktu-waktu terjadi bencana," ujarnya.

Setiap tahun lanjutnya, pemerintah provinsi menyiapkan delapan kawasan baik desa ataupun sekolah siaga bencana. Sedangkan dari kabupaten/kota menyiapkan empat kawasan siaga bencana.

Selain itu katanya, BPBD masing-masing daerah juga telah memetakan daerah-daerah rawan bencana seperti banjir dan longsor sebagai upaya penanggulangan cepat.

Terkait penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (karhutla), BPBD Provinsi Jambi bersama pihak terkait katanya juga telah siap mengantisipasi. Sebab diperkirakan minggu kedua Bulan Mei sudah memasuki musim kemarau.

"Persiapan karhutla sudah kita lakukan, mungkin sekitar minggu kedua Mei kita sudah waspada 1 karhutla. Kemudian kita lakukan rapat dengan Forkopimda untuk persiapan menetapkan status siaga darurat karhutla," katanya menambahkan.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018