Jambi,  (Antaranews Jambi) - Harga daging ayam potong (broiler) di pasar-pasar tradisional di Kota Jambi mulai stabil setelah sebelumnya sempat naik Rp45-50 per kilogram karena kurangnya pasokan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah di Jambi, Jumat, mengatakan berdasarkan hasil pemantauan harga kebutuhan pokok di tiga pasar tradisional terbesar di Jambi yakni Angsoduo, Talang Banjar dan Simpang Pulai oleh Disperindag, harga ayam mulai stabil atau mencapai Rp35 ribu per kilogram.

"Sehari sebelumnya harga ayam potong sudah turun dari Rp38 ribu dan menjadi Rp35 ribu per kilogram berkat bertambahnya pasokan," kata Ariansyah.

Selain ayam broiler, komoditas lain juga mengalami penurunan seperti bawang putih kating dari harga Rp22 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih honan turun dari harga Rp20 ribu menjadi Rp18 ribu per kilogram.

Baca juga: TPID Batanghari sidak sejumlah broker ayam.
Baca juga: Satgas pangan telusuri penyebab tingginya harga ayam

Namun komoditas cabai di tiga pasar tradisional terbesar di Jambi itu mengalami kenaikan. Seperti cabai merah besar mengalami kenaikan dari Rp16 ribu menjadi Rp20 ribu disebabkan berkurangnya pasokan

Kemudian cabai merah keriting juga mengalami kenaikan dari Rp18 ribu menjadi Rp24 ribu perkilogram disebabkan berkurangnya pasokan.

Sementara itu, untuk harga beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, daging sapi dan beberapa jenis barang kebutuhan pokok masyarakat lainnya hingga saat ini terpantau masih stabil.

Baca juga: Sekda Jambi imbau warga manfaatkan bazar Ramadhan
Baca juga: Bazar Dharma Wanita Jambi jual daging Rp70.000 (video)

Seperti harga beras kualitas premium (merek anggur) masih bertahan Rp13.500 per kilogram dan kualitas dua (merek king, belida) juga stabil yakni Rp11.000 per kilogram. Sedangkan harga beras kualitas medium Rp9.000 per kilogram.

Selanjutnya harga gula pasir produksi dalam negeri kualitas medium juga bertahan yakni Rp11.500 per kilogram, minyak goreng curah tanpa merek Rp10.000 per kilogram, minyak goreng kemasan (bimoli) Rp14.000 per kilogram dan daging sapi Rp120 ribu perkilogram.
 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018