Jambi (Antaranews Jambi) - Pemilih pemula di Kota Jambi antusias menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ditetapkan dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Jambi, Rabu.
    
Pantauan Antara di sejumlah TPS di Kota Jambi, pemilih pemula banyak terlihat menggunakan hak suaranya meski harus banyak bertanya kepada petugas KPPS karena mereka baru pertama kali mencoblos.
    
"Saya baru pertama kali ini pak nyoblos, jadi masih kaku masuk bilik tadi," kata Indri salah satu pemilih pemula ditemui Antara di TPS 6, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.
    
Indri mahasiswa semestar 1 itu ke TPS bersama keluarga, dia terlihat banyak mendapat arahan baik dari orangtua maupun petugas KPPS sebelum masuk ke bilik.
    
Begitu juga pantauan di TPS 8 Kecamatan Telanaipura, banyak pemilih pemula diberi arahan petugas KPPS sebelum masuk bilik tentang tata cara pencoblosan hingga mencelupkan tinta dengan jari.

Berdasarkan DPT KPU Kota Jambi, jumlah pemilih pada pilwako 2018 sebanyak 348.203 mata pilih.
    
Dari jumlah itu pemilih laki-laki sebanyak 189.564 orang dan perempuan 194.639 orang. Sementara pemilih pemula sekitar 50 ribuan orang.
    
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) gubernur Jambi Fachrori Umar berharap seluruh masyarakat dapat memberikan hak suaranya dan memberikan dukungan kepada pilihannya dengan cara yang benar dan tetap mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
    
Seperti diketahui, Pilkada serentak di Jambi diikuti tiga daerah yakni Kota Jambi, Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Merangin.***
 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018