Jambi, Antaranews Jambi - PT Perkebunan Nusantara VI (PTPN6) melalui PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai "person in-charge" (PIC) bagi program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) tahun 2018 di Provinsi Jambi, yang seluruh rangkaiannya berlangsung dari Bulan Juni hingga Desember 2018.

Bersama dengan tiga PTPN lain (PTPN3, PTPN4 dan PTPN5), PTPN6 yang berwilayah kerja di Jambi dan Sumatra Barat kali ini menjadi tuan rumah untuk program nasional yang sudah memasuki tahun keempat ini.

Kegiatan itu digagas dan dimulai oleh Kementerian BUMN sejak HUT ke-70 RI pada 2015. Program ini dilaksanakan dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Ada 16 kegiatan dalam Program BHUN-2018, dan seluruhnya melibatkan berbagai dinas atau lembaga terkait di provinsi dalam pelaksanaannya.

"Dalam Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) misalnya, kami berkoordinasi dan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi untuk seleksi dan pembekalan," kata Ketua I Panitia BHUN OK M Irfan Ichlas.

SMN merupakan semacam program pertukaran pelajar antarprovinsi yang berlangsung kurang-lebih satu minggu. Tahun ini Jambi dan Maluku Utara akan salingtukar pelajar sebanyak 23 orang siswa SMA/K dan SLB beserta tiga orang pendamping.

Kegiatan direncanakan berlangsung dari tanggal 8 sampai 20 Agustus, dan selama di Jambi tim dari Maluku Utara akan diperkenalkan dengan adat-istiadat dan kehidupan sosial-budaya masyarakat  Jambi.

Selain SMN, BHUN kali ini juga menyelenggarakan kegiatan antara lain pemberian beasiswa kepada 30 orang siswa SD/SLTP/SLTA, perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana umum dan sekolah, dan kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pasar murah, penyediaan air bersih, MCK dan elektrifikasi.

Puncak seluruh kegiatan ini adalah Upacara Peringatan HUT ke-73 RI di salah satu unit usaha PTPN6 (Batanghari/NES) dan Jalan Sehat 5 Km di Kantor Gubernur Jambi, yang juga akan dimeriahkan dengan acara hiburan bersama artis Ibukota Jakarta.

"Kami sudah menghadap Gubernur,  dan beliau beserta jajaran berkenan untuk hadir bersama-sama kami dalam kegiatan jalan sehat pada tanggal 19 Agustus mendatang," kata Direktur Utama PTPN6 M Abdul Ghani.

Menurut Ghani, wujud kolaborasi dengan Pemprov dalam acara ini tidak hanya sebatas itu, tetapi juga dalam penyelenggaraan perlombaan rakyat panjat pinang sebanyak 73 buah di lokasi dan hari yang sama.

"Program BHUN bertujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara serta sebagai wujud nyata peran BUMN di masyarakat," kata Ghani yang didampingi Direktur Operasional Denny Ramadhan dan Direktur Komersil M Amin Sembiring.***

 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018