Jambi (Antaranews Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi menggelar lomba panjat batang pinang massal dalam rangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia di lapangan kantor Gubernur Jambi, Minggu.
     
Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto yang membuka langsung perlombaan tersebut mengatakan dalam memeriahkan HUT RI, Pemprov Jambi menyediakan batang pinang sesuai usia kemerdekan yakni sebanyak 73 batang.
     
"Kegiatan ini adalah untuk rakyat dalam rangka membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan memberikan semangat dalam memeriahkan HUT RI," kata Dianto.
     
Dia mengatakan kegiatan bertema Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berbagi untuk masyarakat itu dilaksanakan dengan menggunakan anggaran Pemprov Jambi dibantu pihak-pihak sponsor. 
     
Dianto mengajak semua masyarakat Jambi untuk turut serta memeriahkan HUT RI yang digelar Pemprov Jambi dengan mendaftar menjadi peserta panjat pinang. 
     
"Silahkan masyarakat datang dan mendaftar menjadi peserta panjat pinang karena banyak batang pinang yang disediakan. Kegiatan ini dilaksanakan hingga selesai," katanya.
     
Dikatakannya lagi, selain lomba panjat batang pinang, Pemprov Jambi juga mengadakan sembilan jenis lomba tradisional yang dikhususkan pesertanya adalah OPD Pemprov Jambi.
     
Sembilan lomba tradisional itu yakni lomba tarik tambang, lomba lari batok kelapa, lomba balap karung, lomba gigit koin di buah labu, lomba memasukan paku ke dalam botol, lomba bakiak panjang, lomba makan kerupuk dan lomba balap kelereng.
     
Dianto mengatakan perlombaan tradisional dilaksanakan untuk membangkitkan kembali permainan tradisional yang hampir terlupakan.
     
Sementara di lapangan, ribuan warga terlihat sudah memadati lapangan Gubernur Jambi. Kegiatan dimulai dengan perlombaan tradisional antarOPD setelah itu baru dilaksanakan acara puncak yakni lomba panjat batang pinang.
     
Di setiap batang pinang disediakan hadiah utama yakni satu unit sepeda dan juga tersedia berbagai hadiah menarik seperti peralatan rumah tangga. Setiap satu batang pinang akan dipanjat 6-8 orang.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018