Jambi (Antaranews Jambi) - Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto mengatakan dalam pelayanan transportasi, keselamatan adalah hal yang prioritas sehingga seluruh hal dan semua pihak yang berkaitan harus dibenahi dengan baik.

"Saya minta kepada seluruh insan perhubungan, khususnya yang ada di Provinsi Jambi untuk menjadikan keselamatan transportasi menjadi jargon untuk kita, karena tidak ada kata kompromi dengan keselamatan ini. Mengingat transportasi merupakan kebutuhan dasar masyarakat dalam kehidupan sehari-hari," katanya saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2018 di salah satu hotel di Jambi, Rabu.

Sekda menjelaskan, transportasi memiliki fungsi yang sangat penting dan strategis dalam kehidupan masyarakat, karena transportasi sangat berperan untuk mendorong dan menunjang perekonomian masyarakat. Sebab itu keselamatan sangat penting dan menjadi prioritas utama dalam pelayanan transportasi.

"Contoh keselamatan transportasi adalah keselamatan dalam berlalu lintas yang bermula dari pengujian kendaraan atau KIR kendaraan oleh Dinas Perhubungan. Dalam melaksanakan KIR kendaraan, haruslah benar-benar sesuai karena dampaknya sangat besar sekali bagi keselamatan pengguna kendaraan," kata Dianto.

Menurutnya saat melakukan KIR kendaraan, terutama kendaraan yang mengangkut penumpang, haruslah dilakukan dengan sangat teliti. Mulai dari sistem pengereman, gas, kopling, ketebalan ban, stir dan lainnya.

"Semua harus diperiksa secara detail, karena dampaknya bisa berakibat fatal bagi keselamatan pengendara dan penumpang yang dibawa," ujarnya.

Dianto juga mengatakan Rakernis Perhubungan merupakan sarana bagi insan perhubungan untuk dapat saling bersinergi dan berdiskusi terhadap isu-isu strategis pada bidang perhubungan, sehingga menghasilkan solusi dalam meningkatkan pelayanan transportasi, khususnya di Provinsi Jambi.

"Penyelenggaraan dalam melakukan pelayanan transportasi akan menjadi lebih terarah dan terpadu, bila kita lebih meningkatkan sinergitas dalam bekerja, sehingga output yang didapat lebih memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat Provinsi Jambi. Saya juga mengharapkan adanya kontribusi dari pihak terkait dalam pengembangan dan pelayanan transportasi ini," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra mengatakan tujuan pelaksanaan Rakernis Bidang Perhubungan adalah untuk menyamakan persepsi kebijakan-kebijakan dalam menghadapi isu strategis dalam bidang perhubungan.

"Saya mengharapkan melalui Rakernis ini seluruh stakeholder terkait dapat mendukung dalam melaksanakan pelayanan transportasi, serta turut memberikan masukan dalam menghadapi isu-isu strategis saat ini," kata Varial.

Varial menambahkan, Rakernis ini juga bertujuan untuk meningkatkan hubungan silahturahmi antar insan perhubungan yang ada di Provinsi Jambi, sehingga bisa lebih bersinergi dalam melaksanakan pelayanan transportasi yang lebih baik lagi bagi masyarakat Provinsi Jambi.
 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018