Jambi,  (Antaranews Jambi) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat angka pertumbuhan produksi Industri Manufaktur Besar dan Sedang (IMBS) pada triwulan III-2018 mengalami peningkatan sebesar 9,11 persen dibandingkan triwulan III-2017.

Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Haridiawan, di Jambi Sabtu mengatakan sedangkan untuk pertumbuhan nasional angkanya naik sebesar 5,04 persen. Peningkatan di Jambi disebabkan naiknya produksi didominasi oleh pertumbuhan industi makanan yang meningkat sebesar 37,15 persen.

Sedangkan pada pertumbuhan nasional untuk Industri makanan mengalami peningkatan terbesar yaitu industri karet sebesar 18,84 persen. Industri karet di Provinsi Jambi juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 2,05 persen.

Pertumbuhan nasional untuk industri makanan meningkat sebesar 8,24 persen. Sedangkan untuk pertumbuhan Industri Bahan Kimia dan Barang dari bahan Kimia, Provinsi Jambi mengalami pertumbuhan positif yaitu sebesar 5,86 persen, kata Dadang.

Namun berbanding terbalik dengan pertumbuhan nasional yang mengalami pertumbuhan negatif sebesar minus 8,74 persen.

Sementara itu BPS juga mencatat untuk pertumbuhan produksi Industri Manufaktur Besar dan Sedang  (IMBS)pada triwulan III-2018 mengalami peningkatan sebesar 9,76 persen dibandingkan dengan triwulan II-2018, sedangkan pertumbuhan produksi industri manufaktur nasional meningkat sebesar 4,13 persen.***3***

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018