Jambi (Antaranews Jambi) -  Rahima Fachrori resmi dilantik sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jambi sisa masa bakti 2016-2021 di rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu, oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat atau istri Mendagri, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Gubernur Jambi Fachrori Umar, selaku Pembina TP-PKK Provinsi Jambi dalam mengatakan pentingnya meningkatkan peranan TP-PKK Provinsi Jambi untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan Jambi TUNTAS 2021.

Fachrori menyatakan Provinsi Jambi memiliki pekerjaan rumah yang besar untuk mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. 

"Saya berharap pelantikan ini bukan sebatas formalitas yang tercantum pada struktur kepengurusan, tetapi TP-PKK dapat melakukan inovasi dan kreasi serta ide-ide cemerlang yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata," ujarnya.

Provinsi Jambi kata Fachrori masih dihadapkan pada beberapa pekerjaan rumah, antara lain pengurangan rumah tangga miskin, peningkatan kualitas tenaga kerja yang masih didominasi 50 persen lulusan sekolah dasar, penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi, penyebaran TBC, demam berdarah, HIV AIDS dan narkoba.

Fachrori menyebutkan dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut diperlukan peran semua pihak baik pemerintah, swasta maupun masyarakat termasuk TP-PKK Provinsi Jambi. 

"Untuk itu saya menaruh harapan besar kepada PKK agar dapat terus meningkatkan kontribusinya dalam pembangunan Provinsi Jambi. Sebagaimana kita ketahui PKK memiliki peran penting dan strategis bagi pembangunan yang memiliki dasawisma sebagai unit PKK terdepan, misalnya turut berperan dan sangat menentukan bagi keberlanjutan program Posyandu, Pendidikan Anak Usia Dini, Bina Keluarga Balita serta usaha peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga UP2K dan berbagai program lainnya," katanya menjelaskan.

Tujuan utama gerakan PKK lanjut Fachrori adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin. 

Keluarga katanya harus diupayakan menjadi sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan. 

Apabila semua keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan dan penghidupannya yang sejahtera dan harmonis, tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Rahima Fachrori dalam menegaskan komitmen TP-PKK Provinsi Jambi dalam membantu mewujudkan Jambi TUNTAS 2021.

"Sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan maka TP-PKK akan memberikan dukungan sepenuhnya mewujudkan visi Jambi TUNTAS. Kita bersinergi dengan pemerintah untuk bekerja bersama dalam menuntaskan permasalahan yang ada di masyarakat," katanya.

Selain itu, TP-PKK katanya akan meneruskan program yang sudah ada, dan jika ada program baru akan dimasukkan juga. Salah satunya adalah bagaimana mengembangkan ekonomi masyarakat melalui UMKM.

"Seperti produk unggulan kita yaitu anyaman seperti tas, tikar, yang sangat diminati di pangsa pasar internasional, ketika kita ke Jeddah ternyata produk itu sangat laris di sana," ungkap Rahima.

Sementara itu, Ketua Umum TP-PKK (Pusat), Erni Guntarti Tjahjo Kumolo menyakini dan percaya bahwa Rahima akan meningkatkan peran serta TP-PKK dalam pembangunan di Provinsi Jambi. 

Dijelaskannya, sebagai mitra kerja pemerintah, PKK memiliki 10 Program pokok yang mendukung program kerja pemerintah. Untuk itu dirinya berharap program PKK tersebut dapat terus bersinergi dengan pemerintah, serta dalam pelaksanaannya agar tetap memperhatikan situasi dan kondisi daerah masing-masing.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019