Rektor Universitas Jambi Prof Johni Najwan SH MH Ph.D mengatakan, jumlah peserta yang akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 di perguruan tinggi negeri yang dipimpinnya itu sebanyak 15.808 peserta.

"Dari jumlah peserta yang akan mengikuti UTBK tersebut terbagi menjadi dua gelombang," kata Prof Johni Najwan dikutip melalui laman resmi Unja.ac.id, Kamis.

Untuk ujian pada gelombang pertama kata dia, jumlah peserta yang akan mengikuti UTBK sebanyak 9.042 peserta. Sementara pada gelombang kedua, jumlah peserta yang mengikuti UTBK sebanyak 6.766 peserta.

Dalam pelaksanaan tes itu nantinya akan dibagi menjadi kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Pelaksanaan UTBK yang menjadi syarat untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada gelombang pertama akan dilaksanakan pada tanggal 13 April – 04 Mei 2019.

Sedangkan pelaksanaan UTBK gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019.

Kemudian dilanjutkan pengumuman hasil UTBK yang akan dilaksanakan paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan.
Pengumuman dapat dilihat melalui laman https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id dengan menggunakan user name dan password yang dipakai saat pendaftaran UTBK.

Lokasi pelaksanaan UTBK di Jambi itu, akan dilaksanakan di 10 sekolah yang telah bekerja sama dengan Universitas Jambi, diantaranya SMA 1 Kota Jambi, SMA 3 Kota Jambi, SMA 4 Kota Jambi, SMA 6 Kota Jambi, SMK 1 Kota Jambi, SMK 3 Kota Jambi, SMA Adhyaksa Kota Jambi, SMA Xaverius 1 Kota Jambi, SMA 1 Muaro Jambi dan SMA Titian Teras Muaro Jambi.

Sedangkan untuk lokasi di Universitas Jambi yang digunakan untuk tes UTBK yaitu LAB LPTIK 1, LAB LPTIK 2 LAB ICT Fakultas Peternakan, LAB ICT, Fakultas Ekonomi, LAB ICT Fakultas Keguruan, LAB ICT Fakultas Hukum, LAB ICT Fakultas Pertanian dan LAB ICT Fakultas Sains yang berada di Kampus Mendalo.

"Untuk ujian yang berada di Kampus Telanai, kami menggunakan LAB ICT Fakultas Ekonomi, LAB TIK LPTIK 3 serta LAB Komputer UPT Bahasa," kata Humas Unja, Akbar Kurnia Putra.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019