Puskesmas di Kota Jambi dan sejumlah daerah lainnya di Provinsi Jambi menggelar layanan imunisasi lengkap dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia.

Kegiatan pekan layanan imunisasi lengkap tersebut digelar 24-30 April 2019 setiap Puskesmas. Imunisasi ditujukan bagi anak di bawah lima tahun atau balita.

Seperti di Puskesmas Pal V Kota Jambi, petugas pelayanan kesehatan tersebut memasang spanduk ukuran besar di depan bangunan berlantai dua itu untuk memberitahukan kepada masyarakat.

Respon juga dilakukan Pemkot Jambi yang memasang spanduk pemberitahuan Pekan Imunisasi Dunia bagi warga kota itu khususnya yang mempunyai anak balita untuk diimunisasi.

Dalam spanduk itu, Wali Kota Jambi H Syarif Fasha dan wakilnya H Maulana mengajak warga kota Jambi memanfaatkan pekan imunisasi itu.

Hal sama juga di Puskesmas Handil Jaya Kota Jambi, spanduk sosialisasi pekan imunisasi itu juga terpasang di bagian depan bangunan Puskesmas yang bercat hijau muda.

Berdasarkan Undang Undang tentang kesehatan dan UU perlindungan anak menyebutkan  anak memiliki hak untuk mendapatkan imunisasi.

Pemerintah telah menambahkan empat vaksin baru dalam immunisasi dasat yakni vaksin pneumococcus, measles and rubella (MR) , humsn papillomavirus (HPV) dan vaksin Japanese ecephalitis.

Keempat vaksin itu menambah sembilan vaksin yang selama ini telah lebih dulu menjadi vaksin dasar yang diberikan kepada anak.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019