Komandan Batalyon Infanteri Raider (Danyonif R) 142/ Ksatria Jaya, Mayor Infanteri Ikhsanudin mengungkapkan, sebanyak 400 prajurit yang ditugaskan dalam Operasi Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia-Republik Democratic Timur Leste (RI-RDTL) Sektor Timur, diberangkatkan 13 Agustus 2019 mendatang.

Ratusan prajurit Yonif R 142/KJ yang langsung dipimpinnya itu nantinya akan menjaga 21 pos keamanan di daerah itu," kata Ikhsanudin, Senin.

Terdapat 21 pos keamanan, kata Ikhsanudin, nantinya akan disisi dan dijaga oleh prajurit Yonif R 142/KJ di Sektor Timur, sedangkan di Sektor Barat tugas pengamanannya dilaksanakan dari Yonif 132/BS.

"Saya beberapa waktu lalu sudah berkunjung ke daerah perbatasan RI-RDTL, dan selanjutnya juga sudah melihat satu per satu dari 21 pos yang akan dijaga pengamananya oleh prajurit selama lebih kurang sembilan bulan," kata Ikhsanudin.

Saat ini, kata Ikhsanudin, pihaknya sedang melaksanakan seluruh kesiapan yang akan dibawa ke daerah itu.

Penugasan Operasi Satgas Pamtas RI-RDTL, dijelaskannya lebih difokuskan untuk menjaga perbatasan dari berbagai tindak kejahatan penyelundupan, selain menyangkut penyelundupan BB, narkoba dan pelanggaran batas wilayah.

"InsyaAllah menyangkut kontak senjata tidak ada tetapi banyak pelanggaran hukum menyangkut penyelundupan dan lainnya yang menjadi tugas pokok dalam operasi itu," ungkapnya.

Selain itu, Mayor Inf Ikhsanudin menyebutkan tugas lain yang diemban misi prajuritnya dalam operasi itu yakni membangun hubungan positif antara prajurit dengan warga masyarakat setempat.

Karena itu tugas pokok, sehingga pihaknya akan melaksanakan berbagai kegiatan, seperti kegiatan dalam program kesehatan masyarakat, membangun perekonomian dan menyangkut kegiatan keagamaan.

Sebab itu, prajurit Yonif R 142/KJ saat ini sedang mempersiapkan alat-alat seperti alat kesehatan, membangun jamban dan Al-kitab serta alat olahraga.

"Di sana nanti prajurit  Yonif R 142/KJ secara bersama-sama dengan masyarakat setempat membangun daerah itu dan ini tentunya dilandasi rasa kemanunggalan TNI dengan rakyat," jelasnya.

"InsyaAllah tugas Operasi Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur dapat dilaksanakan sesuai ketentuan yang sudah digariskan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat melihat kesiapan prajurit, Jumat (26/7) lalu," katanya menambahkan.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019