Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi menggelar sosialisasi kegiatan penelitian dan PPM untuk tahun anggaran 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Rektorat Lantai 3 Kampus Mendalo ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Ir RA Muthalib MS didampingi oleh Ketua LPPM, Dr Ade Octavia, SE MM.

Prof Muthalib dalam sambutannya mengatakan anggaran penelitian Universitas Jambi dari tahun ke tahun semakin meningkat.

"Ini artinya, output penelitian haruslah berbanding lurus dengan anggaran yg sudah disediakan. Oleh karena itu,  penelitian yg dihasilkan haruslah berdampak luas  sehingga peringkat universitas juga bisa ikut naik secara nasional," kata Prof Muthalib.

Selepas sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada para peneliti Unja dengan berbagai kategori yaitu kategori publikasi internaional terproduktif yang diberikan kepada Dr rer nat Muhaimin, SPd MSi.

Kemudian kategori pengelola jurnal bereputasi terbaik dengan kategori SINTA 2 dan DOAJ diberikan kepada Dr Junaidi SE MSi pengelola pada Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah Prodi Magister Ilmu Ekonomi dan Amirul Mukminin SPd MSc Ph.D pengelola jurnal Indonesian Research Journal in Education pada Prodi Doktor Kependidikan.

Kemudian kategori produk inovasi terbaik diberikan kepada Prof Dr Ir Adriani, MSi, Ir Ella Hendalia MS, dan Dr Drh Fahmida MP.

Kemudian untuk kategori hak kekayaan intelektual / paten terbaik diberikan kepada Dr Ir Elis Kartika MSi

Terakhir, kategori buku ajar diberikan kepada Dr Tona Aurora Lubis SE MM.

Kategori peraih penghargaan dinilai melalui akun SINTA. Adapun pemberian piagam penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Ketua dan Sekretaris LPPM kepada para nominator terpilih.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi penelitian dan PPM yang dipimpin langsung oleh Ketua LPPM Dr Ade Octavia.

Dalam arahannya, Ketua LPPM berharap agar serapan anggaran di tahun ini bisa dimanfaatkan secara maksimal.

"LPPM berharap agar dana-dana penelitian yang sudah di anggaran dapat menghasilkan luaran-luaran yg inovatif dan kompetitif," ujar Ade

Ade juga menambahkan bahwa LPPM juga tengah menyiapkan panduan dasar bagi para peneliti agar memudahkan dalam proses seleksi kedepan

"Tahun ini kita akan mengeluarkan revisi untuk panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk memastikan proposal-proposal yg diusulkan sesuai dengan kriteria yg ada di unja dan mengacu pada kriteria yg sudah ditetapkan oleh kementerian," katanya.

Hadir seluruh peneliti se-Universitas Jambi pada kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan diakhiri dengan sesi dialog antara peneliti dengan LPPM.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020