Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi meminta kepada para peneilti di perguruan tinggi tersebut agar out put penelitian yang dilakukan berbanding lurus dengan meningkatnya anggaran penelitian di Unja dari tahun ke tahun.

“Output penelitian haruslah berbanding lurus dengan anggaran yang sudah disediakan, oleh karena itu, penelitian yang dihasilkan haruslah berdampak luas sehingga peringkat universitas juga bisa ikut naik secara nasional,” kata Wakil Rektor Unja Bidang Akademik Prof. Muthalib di Jambi, Kamis.

LPPM Unja berharap agar serapan anggaran tahun 2020 ini bisa dimanfaatkan secara maksimal. Dimana LPPM kini tengah menyiapkan panduan dasar bagi para peneliti agar memudahkan dalam proses seleksi.

Di tahun 2020 ini LLPM Unja akan mengeluarkan revisi untuk panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk memastikan proposal yang diusulkan sesuai dengan kriteria yang ada di Unja dan mengacu pada kriteria yang sudah ditetapkan oleh kementerian .

“LPPM berharap agar dana-dana penelitian yang sudah di anggaran dapat menghasilkan luaran-luaran yg inovatif dan kompetitif,” kata Ketua LPPM Unja Dr. Ade Octavia.

Dalam kegiatan sosialisasi penelitian dan PPM yang dilaksanakan oleh LPPM Unja turut dilakukan pemberian penghargaan kepada para peneliti Unja dengan berbagai kategori, yaitu kategori publikasi internasional terproduktif diberikan kepada Dr. rer. nat. Muhaimin, S.Pd., M.Si.,.

Kemudian kategori pengelola jurnal bereputasi terbaik dengan kategori SINTA 2 dan DOAJ diberikan kepada Dr. Junaidi, SE., M.Si, pengelola pada Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah Prodi Magister Ilmu Ekonomi dan Amirul Mukminin, S.Pd., M.Sc., Ph.D, pengelola jurnal Indonesian Research Journal in Education pada Prodi Doktor Kependidikan.

Selanjutnya kategori produk inovasi terbaik diberikan kepada Prof. Dr. Ir. Adriani, M.Si, Ir. Ella Hendalia, M.S, dan Dr. Drh. Fahmida, MP. Untuk kategori hak kekayaan intelektual atau paten terbaik diberikan kepada Dr. Ir. Elis Kartika, M.Si. dan kategori buku ajar diberikan kepada Dr. Tona Aurora Lubis, SE., MM. Dimana kategori peraih penghargaan dinilai melalui akun SINTA.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020