Pusat Kajian Demokrasi dan Kebangsaan (Pusakademia) Provinsi Jambi menyerahkan buku saku digital RED-C19 kepada Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Jambi.

“Buku saku ini merupakan sumbangsih
tim pusat kajian untuk membantu pemerintah dalam memberikan informasi, edukasi dan motivasi yang benar kepada masyarakat terkait dengan informasi COVID-19,” kata Direktur Pusakademia Mochammad Farisi di Jambi, Rabu.

Buku saku digital COVID-19 tersebut diterima langsung oleh Pj. Sekda Provinsi Jambi dalam rangka mendukung upaya penanggulangan wabah COVID-19 di Provinsi Jambi.

Selain pada gugus tugas COVID-19, buku saku tersebut juga diserahkan kepada Ketua DPRD Prov. Jambi, lembaga lain seperti Polda Jambi, BPBD, Dinas Sosial, MUI Provinsi Jambi, Organisasi Kepemudaan dan sebagainya.

Buku saku digital (pdf) tersebut terdiri dari 36 halaman, berisi beragam informasi dalam bentuk gambar agar lebih menarik. Buku saku tersebut menjelaskan apa itu COVID-19, cara penularan dan pencegahan, tanda dan gejala, desa tanggap COVID-19 serta menjelaskan OTG, ODP dan PDP, maklumat kapolri, panduan beribadah dimasa pandemi dan sebagainya.

“Buku saku ini diramu dari berbagai sumber resmi pemerintah dan telah di review oleh akademisi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UNJA,” kata Mochammad Farisi.

Ketua Relawan Edukasi Daring COVID-19 (RED-C19) Bahren Nurdin, menjelaskan bahwa buku saku ini diperuntukkan bagi para relawan dan masyarakat umum sebagai bekal untuk memberikan edukasi daring.

Pusakademia telah melakukan pelatihan RED-C19 tanggal 7 hingga 9 Mei yang lalu dan saat ini jumlah relawan aktif adalah sebanyak 491 orang yang bertugas setiap hari memberikan informasi, edukasi dan motifasi bagi masyarakat melalui media sosial.

“Buku saku ini dapat di download di website kami https://pusakademia.com/unduhan,” kata Bahren Nurdin.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020