Laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi saat ini telah teregistrasi oleh BNNP untuk melaksanakan tes Polymerace Chain Reaction (PCR) COVID-19.

“Laboratorium kita telah teregistrasi oleh BNNP, nomor registrasinya yakni 160 dan saat ini sudah bisa untuk melakukan tes PCR,” kata Kepala BPOM Jambi Antoni Asdi di Jambi, Jumat.

Tahap uji coba pada Kamis (25/6) terhadap 30 sampel berasal dari petugas laboratorium BPOM Jambil dengan hasil semua negatif COVID-19.

Dia menjelaskan saat ini tim terpadu uji usap mandiri atau tes PCR Provinsi Jambi masih menunggu surat pengantar dari Pemerintah Provinsi Jambi. Jika seluruh persiapan telah selesai, pada Senin mendatang uji usap mandiri atau tes PCR di Jambi dapat dilaksanakan.

Oleh karena masih tahap awal, katanya, sampel yang dapat diuji pada laboratorium BPOM masih terbatas, di mana akan dilakukan dua tahap tes PCR COVID-19. Dalam satu tahap tes PCR, hanya bisa menguji 60 sampai 80 sampel.

“Selain itu, tenaga volunter atau petugas pengujian kita masih terbatas, saat ini baru terdapat 14 orang volunter,” kata Antoni Asdi.

Dalam proses tes PCR COVID-19 tersebut, BPOM bersama tim terpadu hanya melakukan uji sampel. Hasilnya akan di koneksikan kepada BNNP dan pengumuman hasil tes PCR tersebut akan dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Kita hanya lakukan uji sampel, pengumumannya dilakukan oleh gugus tugas,” kata dia.

Ia berharap, tim terpadu yang terdiri atas FKIK Unja dan Labkesda bisa bersinergi dalam melakukan uji sampel COVID-19 sehingga proses pelaksanaan tes PCR berjalan dengan baik.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020