Bertepatan dengan Hari anak Nasional tahun 2020, Forum Anak Daerah Bumi Angso Duo Kota Jambi mendeklarasikan dukungan perlindungan terhadap anak di masa pandemi COVID-19.

“Kami menyerukan agar orang tua dan masyarakat Kota Jambi, khususnya mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dan di terapkan terhadap anak-anak, dengan harapan pandemi COVID-19 ini cepat berlalu,” kata Anggota Forum Anak Daerah Bumi Angso Duo Kota Jambi Anugrah Fajar Maulana di Jambi, Kamis.

Dalam deklarasi yang disampaikan, Forum Anak Daerah Bumi Angso Duo mendukung upaya pemerintah dalam melakukan upaya percepatan pencegahan penularan COVID-19, khususnya di Kota Jambi. Upaya tersebut dilakukan dengan memperhatikan kesiapan mental dan batin anak terhadap tekanan dari stigma masyarakat.

Selain itu, forum anak di daerah itu turut meminta pemerintah untuk melakukan pemerataan akses internet dan menyesuaikan kemampuan ekonomi setiap siswa untuk pembelajaran jarak jauh. Hal itu di sampaikan mengingat kesulitan ekonomi yang saat ini di alami oleh warga akibat pandemi COVID-19.

Sementara itu, terkait dilaksanakannya relaksasi pendidikan oleh Pemerintah Kota Jambi dengan membuka jam belajar secara tatap muka di sekolah, Forum anak di daerah itu berharap dilakukan pengawasan dengan ketat.

“Anak-anak ini sulit di atur ya, terutama anak-anak SD, sehingga perlu pengawasan yang lebih tinggi dari orang tua dan guru di sekolah,” kata Anugrah.

Selain itu forum anak di daerah itu turut meminta agar pemerintah daerah mengoptimalkan edukasi kepada anak agar anak-anak dapat terhindar dari segala bentuk perundungan yang berasal dari segala aspek, seperti dari aspek lingkungan sekolah, masyarakat dan media sosial.

Forum juga mengajak pemerintah, masyarakat dan keluarga untuk mengecam tindakan kekerasan dan perundungan di lingkungan sekolah, di masyarakat dan media sosial.*

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020