Warga sebuah kompleks perumahan di Kelurahan Patunas Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menunjukkan solidaritas yang tinggi dengan membantu secara moril dan materil kepada salah seorang warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Selain menunjukan solidaritas yang tinggi terhadap warga yang sedang menjalani isolasi di sebuah rumah sakit di Kota Jambi, warga juga memberikan perhatian kepada keluarganya yang menjalani isolasi mandiri.

"Kami tidak mengucilkan ataupun khawatir dengan keberadaan mereka. Sebaliknya kami memberikan motivasi dan dukungan moril serta semangat kepada mereka," kata Eko, salah seorang  warga kompleks perumahan itu, Jumat.

Seorang pria warga kompleks perumahan itu dinyatakan terkonfirmasi positif berdasarkan hasil swab yang diumumkan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi yang kemudian ditembuskan ke  Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Tanjabbar.

Rumah di kompleks perumahan tersebut ditempati oleh pria tersebut bersama istri, tiga anak serta orang tuanya.

Saat ini ia menjalani isolasi di salah satu rumah sakit di Jambi, keluarganya menjalani isolasi mandiri di rumah.

Dukungan moril diberikan warga, dengan memperlakukan keluarga itu dengan baik dan penuh perhatian. Sama sekali tidak ada diskriminasi terhadap pasien Covid-19 maupun keluarganya dari warga di sana.

Tetangga mereka juga membantu menjamin kebutuhan pokok bagi keluarga tersebut yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Mereka kompak dan bersinergi saling bantu untuk pasien dan keluarga itu.

Eko menyebutkan, warga melakukan penggalangan dana dari warga setempat yang telah terkumpul sebesar Rp1,3 juta.  Bantuan juga datang dari Polres Tanjung Jabung Barat serta lainnya.

"Sebagian uang yang terkumpul sudah kami belanjakan untuk kebutuhan pokok seperti sembako dan khususnya susu formula untuk anaknya," kata Eko.

Selain itu, warga juga mensuplay bantuan dalam bentuk sayur mayur yang diberikan setiap harinya secara bertahap dan akan terus berlanjut selama mereka menjalani isolasi.

"Karena selama mereka menjalankan isolasi mandiri , mereka perlu makanan bergizi dann bervitamin seperti sayur mayur,  buah buahan , daging ikan dan lain sebagainya," kata Eko menambahkan.

Pewarta: Pathul Rozi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020