Kabupaten Kerinci kini memiliki tambahan fasilitas wisata di Danau Kerinci dengan adanya penginapan home stay Kerinci Resort Arafah, yang memiliki lahan seluas 1,5 Hektar dan 837 meter di atas permukaan laut yang berada tepat dipinggir danau yang menjadi salah satu destinasi wisata di Provinsi Jambi.

"Home stay Arafah ini dibangun oleh tenaga profesional pada 2019 dan saat ini telah menjadi salah satu fasilitas pendukung berkembangnya wisata Danau Kerinci yang merupakah danau vulkanik yang memiliki kedalam 110 meter," kata Pemilik resort Arafah, Harmen.

Awal pembangunan home stay tersebut terinpirasi ketika Harmen berliburan ke puncak Bogor dan Bali, yang mana disana terdapat bangunan diatas beberapa permukaan laut dengan melihat lahan yang kosong dan pemandangan danau Kerinci yang indah, pertengahan tahun 2018 hingga 2019 dilakukan pengerjaannya hingga selesai.

Pada Maret 2019 mulai dilakukan pembangunan, terhitung awal Februari 2020 dilakukan promosi kepada pengunjung dengan memberikan diskon selama sebulan untuk tamu umum sebagai tahap pengenalan dan setelah itu sampai saat ini sudah di buka untuk umum kembali.

Untuk menempuh lokasi resort itu wisatawan bisa berkendaraan sejauh 7 KM dari Bandara Depati Parbo dan 15 KM dari Kota Sungai Penuh. Dan saat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarkat Kerinci dan Kota Sungai Penuh tempat wisata terserbut dan lokasi resort Arafah itu sudah di kunjungi berbagai pejabat daerah setempat maupun luar diantaranya, pejabat atau tamu dari Sumatra Barat, Palembang, Jakarta dan dari Badan Narkotika Nasional dari Provinsi Jambi.

Saat ini pihak pengelola lagi fokus melakukan pembangunan lima lantai permanen, untuk restoran baru dan dengan adanya tambahan ruang meeting dan lainnya dengan slogan Kabupaten Kerinci 'Sekepal Tanah Surga' yang dihempaskan ke Bumi dan salah satunya ada di Kerinci Resort Arafah.

Fasilitas yang tersedia di serot Arafah itu saat ini ada sebanyak 10 unit rumah ada yang dua rumah satu lantai dan delapan rumah satu lantai, di sertai dengan fasilitas lengkap.
Salah satu destinasi wisata Danau Kerinci dilengakapi dengan penginapan home stay (Antara/HO)

Pewarta: Adnan bukhari

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020