Awal tahun 2021 ini Kantor POS cabang Jambi akan membuka kembali pengiriman paket melalui jalur udara yang sempat dihentikan sementara karena pandemi COVID-19.

"Awal tahun ini pengiriman paket ekspres atau melalui jalur udara akan kembali di buka, ini untuk memaksimalkan layanan kepada masyarakat," kata Kepala Kantor POS cabang Jambi Agung di Jambi, Selasa.

Pada Mei 2020 pengiriman paket secara ekspres di Kantor Pos cabang Jambi dihentikan sementara. Penghentian sementara tersebut dampak dari ditutupnya sementara waktu penerbangan di Bandara Jambi.

Sehingga pengiriman paket pada Kantor Pos cabang Jambi seluruhnya dilakukan melalui jalur darat. Dimana melalui jalur darat pengiriman paket dilakukan selama tiga sampai empat hari. Namun jika menggunakan jalur udara atau secara ekspres, pengiriman paket dari luar Provinsi Jambi dapat dilakukan dalam waktu satu hari.

"Sampai saat ini pengiriman paket masih melalui jalur udara, secepatnya di awal tahun ini pengiriman ekspres akan dibuka kembali," kata Agung.

Meski pengiriman paket secara ekspres sempat terhenti, namun pengiriman paket di tahun 2020 meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2019. Pada tahun 2019 pengiriman paket di Kantor Pos cabang Jambi sebanyak 419.347 pengiriman. Meningkat di tahun 2020 menjadi 450.419 pengiriman.

Menurut Agung, meningkatnya pengiriman paket di tahun 2020 lalu dikarenakan masyarakat lebih banyak melakukan transaksi belanja secara on line. Dan penggunaan jasa pengiriman paket salah satunya melalui Kantor Pos turut alami peningkatan.

"Dimasa pandemi COVID-19 aktivitas masyarakat lebih banyak di rumah, sebagian aktivitas dilakukan secara online, begitu juga dengan berbelanja, hal ini lah yang mempengaruhi peningkatan pengiriman paket di Kantor POS," kata Agung.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021