Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A kota setempat menjalin kerja yaitu memberi pelatihan kepada napi dalam pengurusan jenazah.

"Kerja sama pembinaan di bidang keagamaan untuk para narapidana itu sampai bimbingan penyelenggaraan Shalat Jenazah dan memandikan jenazah," ujar Kepala Kemenag Kota Banjarmasin HM Rofi'i di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut dia, penandatangan nota kesepakatan tersebut merupakan Iangkah maju yang telah diambil oleh Kemenag dan Lapas serta merupakan cara yang tepat untuk membangun hubungan yang lebih harmonis.

"Ini sebagai bentuk komitmen dua instansi untuk memberikan layanan pembinaan yang lebih baik lagi kepada warga binaan, yang pada prinsipnya untuk kepentingan bersama, apalagi kerja sama pembinaan dan penyuluhan agama kepada warga binaan tersebut sudah lama terjalin dan terlaksana tetapi belum dituangkan dalam MoU," ungkapnya.

Menurut Rofi'i, kontribusi Kemenag Banjarmasin dalam membina warga binaan telah sangat dirasakan baik oleh Lapas Kelas II A Banjarmasin, terutama kepada warga binaan dalam bentuk pembinaan dan pembimbingan di bidang keagamaan.

"Misalnya, penyuluh agama islam telah melaksanakan pembinaan mental spritual pada setiap hari Jum’at, berupa siraman rohani keagamaan dan sebagai khatib pada Shalat Jumat, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, serta selama ini para penyuluh tersebut telah memberikan penyuluhannya secara profesional," terangnya.

Dia melanjutkan melalui kerja sama itu, ke depan akan diselenggarakan pembekalan keterampilan bidang keagamaan, seperti penyelenggaraan Shalat jenazah dan memandikan jenazah..

“Dalam jangka waktu satu tahun, yakni pada bulan Februari 2021 sampai dengan Februari 2022, kerja sama ini sifatnya berkesinambungan kepada kurang lebih 2.000 orang penghuni Lapas kelas II A Banjarmasin," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Banjarmasin, H Ahmad Sya’rani menyambut baik MoU yang telah ditandatangani dan menyatakan siap untuk menindaklanjuti butir-butir kerja sama yang telah disepakati tersebut.

"Sesuai arahan pimpinan, Seksi Bimas Islam akan segera mensinergikan semua pihak, terutama para penyuluh yang akan lebih banyak peranannya dalam memberikan binaan kepada warga Lapas, dengan harapan layanan yang diberikan lebih baik lagi kepada warga binaan," ujarnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021