Manajement PT Angkasa Pura II Bandara Sulthan Thaha Jambi menargetkan pemindahan atau evakuasi pesawat Batik Air PK-LUT dari landasan pacu bandara itu tuntas pada Minggu pagi, sehingga penerbangan reguler bisa kembali normal.

"Kami harapkan pemindahan pesawat itu ke apron bisa dilakukan Minggu pagi. Sehingga diharapkan jadwal penerbangan besok bisa kembali normal," kata Eksekutif General Manager PT Angkas Pura II Bandara Sulthan Thaha Jambi Indra Gunawan di Jambi, Sabtu.

Menurut Indra, proses evakuasi pesawat akan dilakukan oleh tim mekanik dari perusahaan maskapai penerbangan dan tim bandara.

Posisi hingga Sabtu malam, posisi pesawat berbadan lebar tersebut masih berada di tengah landasan pacu bandara itu.

"Menunggu spare part dan alat yang dikirim dari Batam. Pesawat itu dikirim menggunakan pesawat ATR dengan jadwal malam ini pkl 00.00 WIB bertolak dari Batam," katanya.

Sementara itu sore dan malam hari di kawasan Kota Jambi dan sekitarnya diguyur hujan cukup lebat. Namun Indra Gunawan diharapkan pada saat proses perbaikan dan evakuasi sudah reda.

Pesawat itu terpaksa kembali melakukan pendaratan di bandara pemberangkatan, Bandara Sulthan Thaha Jambi karena mengalami kendala pada roda depan pesawat.

Tidak ada korban dari kejadian itu, semua penumpang selamat dan langsung turun dari pesawat begitu tiba kembali di Bandara Jambi. Namun hingga Sabtu malam pesawat masih berada di landasan pacu, sehingga mengakibatkan sejumlah jadwal penerbangan Sabtu di bandara itu "cancel".

"Semua tim bergerak, petugas langsung melakukan penanganan kepada penumpang secara maksimal. Alhamdulillah semua penumpang selamat," kata Indra Gunawan.

Dalam penerbangan Batik Air registrasi PK-LUT dengan nomor penerbangan ID-6803 itu membawa 114 orang dewasa, dua orang anak-anak serta satu orang balita serta enam awak pesawat.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulisnya menyampaikan Batik Air penerbangan ID-6803 pada Sabtu (6/3) keberangkatan rute Bandar Udara Sultan Thaha, Jambi (DJB) tujuan Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK), bahwa telah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

"Batik Air penerbangan ID-6803 dipersiapkan secara baik. Jadwal keberangkatan pukul 13.00 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) dan seharusnya tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 14.10 WIB," katanya.

Danang juga menjelaskan sebelum dioperasikan, pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUT telah menjalani pemeriksaan lebih awal yakni sebelum diterbangkan (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang dan beroperasi (airworthy for flight).




 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021