Sebanyak 20 mantan narapidana di Kota Jambi mendapat pelatihan usaha dari sejumlah pelaku bisnis  dan UMKM di kota itu agar mampu merintis usaha untuk menjamin masa depannya.

Kepala Bapas Jambi Zulhendri, di Jambi Selasa mengatakan, bimbingan kemandirian tersebut merupakan program Bapas yang dilaksanakan untuk memberikan kemandirian kepada mantan napi dan disusun tiga kegiatan yang diberikan kepada mantan napi yaitu bimbingan kemandirian, kepribadian dan pasca rehab bagi mantan narapidana narkoba.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) Jambi menghadirkan salah seorang narasumber yang telah sukses merintis usaha di bidang kuliner yang ada di Kota Jambi.

Program bimbingan ini untuk membekali para mantan napi yang beradadi bawa bimbingan Bapas Jambi, sebagai kelanjutan dari pelatihan yang telah mereka peroleh di  Lembaga Pemasyarakatan (LP).

"Tujuan program ini agar bermanfaat bagi para mantan napi. Sehingga mereka tidak mengulangi lagi perbuatan masa lalunya dan tidak melanggar tindak pidana," kata Zulhendri.

Selain itu Kepala Bapas juga berpesan kepada para peserta agar nantinya setelah mendapatkan pelatihan ini bisa dimanfaatkan dan bisa kembali ke tengah -tengah  masyarakat.

Selain materi dan berdiskusi, pihak Bapas Jambi juga menerapkan praktek bagi mantan narapidana dengan menerapkan langsung hasil materi yang telah diberikan agar para mantan narapidana dapat mengimplementasikan nantinya di kehidupan baru mereka di tengah masyarakat di luar lapas.













 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021