Bank Indonesia membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin memiliki sebanyak-banyaknya Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 tahun RI dengan melakukan penukaran di Kantor Perwakilan Bank Indonesia setempat.

"Ini berlaku sejak 22 Maret 2021 kemarin, jadi masyarakat bisa tukar lagi kali ini 1 KTP bisa tukar 100 lembar per hari, " Kata Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Jambi Suti Masniari Nasution di Jambi, Rabu.

Warga  Jambi juga sudah bisa melakukan penukaran UPK 75 tahun RI dengan menerapkan syarat 1 KTP berlaku untuk penukaran maksimal 100 UPK 75 Tahun RI per hari.

Masyarakat yang telah melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI dapat kembali dan terus melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI yang merupakan alat pembayaran yang sah (legal tender) di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Untuk melakukan penukaran, masyarakat bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu di www.pintar.bi.go.id

Dihalaman depan website  akan ada kolom pemilihan provinsi dan lokasi penukaran serta tanggal penukaran. Untuk Provinsi Jambi pilih Kantor Perwakilan BI Jambi sebagai lokasi penukaran. Selanjutnya isi waktu penukaran sesuai jadwal yang tersedia, isi data diri dan jangan lupa cetak bukti pemesanan. Datang langsung ke lokasi Kantor Bank Indonesia Provinsi Jambi sesuai jadwal yang tertera.

Tidak saja perseorangan, penukaran juga bisa dilakukan secara kolektif. Untuk semua info penukaran masyarakat langsung mengunjungi situs yang sudah disediakan.

UPK 75 Tahun RI dicetak menggunakan durable paper, dengan desain dan unsur pengaman menggunakan teknologi terkini. Inovasi dalam pencetakan tersebut menjadikan UPK 75 Tahun RI semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, namun sulit untuk dipalsukan.

Sebelumnya, penukaran UPK 75 sudah dilakukan tahun lalu. Namun saat itu jumlah lembar uang yang ditukar masih dibatasi. Saat ini menjadi kesempatan bagi masyarakat yang belum kebagian atau ingin menambah UPK 75 sebagai alat pembayaran yang sah.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021