Alat drum penyuling cuka kayu asal Kabupaten Merangin masuk nominasi 10 besar lomba inovasi alat Teknolgi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional 2021.

"Teknologi tepat guna ini  diciptakan Posyantek Desa Guguk Kecamatan Renah Pembarap, alat ini sangat bagus sekali. Alat ini benar-benar sangat tepat guna, karena bahan bakunya sangat banyak  di Merangin, kata Bupati H Mashuri di Bangko Kabupaten Merangin, Selasa.

Pengoperasian TTG Drum Penyuling Cuka Kayu tersebut, disaksikan Bupati Merangin H Mashuri bersama rombongan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Merangin.

Teknologi tepat guna Drum Penyuling Cuka Kayu tersebut kata bupati, memanfaatkan limbah kayu untuk diolah menjadi cairan. Cairan yang dihasilkan itu bisa dimanfaatkan untuk mengusir lalat, menjadi pupuk tanaman dan hand sanitizer.

Pemkab Merangin mengapresiasi dan memfasilitasi terciptanya alat TTG tersebut dan akan dimanfaatkan  di masyarakat.
"Untuk uji kemampuan dan kegunaannya sudah dilakukan, memang sangat tepat guna," terang Bupati.

H Mashuri akan membantu dalam proses produksi alat TTG Drum Penyuling Cuka Kayu itu, apabila nanti berhasil menjadi yang terbaik pada lomba inovasi TTG tingkat nasional.

"Kita siap mencarikan investor untuk memproduksi alat canggih ini. Nanti untuk paten alat ini kita daftarkan. Jika paten juga telah dimiliki artinya alat ini sudah siap diproduksi," kata Bupati Mashuri menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021