Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi mencatat penyaluran kredit bank umum saat ini paling banyak disalurkan pada sektor pinjaman multiguna.

Kepala OJK Provinsi Jambi, Yudha Nugraha Kurata, Rabu (27/10) mengatakan, pinjaman multiguna pada bank umum sampai  posisi Agustus 2021 tersalurkan sebesar Rp13,59 triliun.  Selanjutnya pada sektor  unggulan Provinsi Jambi yakni pertanian , perburuan dan kehutanan sebesar Rp9,90 triliun.

"Ada lima sektor yang penyaluran kreditnya paling besar diantara sektor lainnya, kalau kita lihat ini kredit multiguna," kata Yudha.

Selanjutnya, untuk penyaluran kredit perdagangan besar dan eceran mencapai Rp7,83 triliun dan kredit untuk kepemilikan rumah tinggal sebesar Rp5,22 triliun. Terakhir pada industri pengolahan mencapai Rp2,46 triliun.

Sementara itu dikatakan Yudha, total kredit yang disalurkan oleh bank umum sampai Agustus 2021  mencapai Rp 43,5 triliun mengalami pertumbuhan sebesar 2,29 persen dibandingkan Desember 2020 yakni sebesar Rp42,5 triliun.

"Untuk NPL kredit bank umum masih dibawah batas yakni sebesar 2,17 persen," ujarnya.

Yudha menambahkan, saat ini penyaluran kredit perbankan di Provinsi Jambi  masuk dalam kategori  baik hal ini juga diimbangi dengan NPL yang menurun.  OJK terus mengingatkan kepada perbankan unutk terus menjaga performa serta menerapkan prinsip kehati-hatian.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021