Gubernur Jambi Al Haris mendorong seluruh kepala sekolah jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat inovatif untuk  meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Jambi. 

"Nilai IPM Provinsi Jambi masih belum begitu tinggi, maka dari itu kepala Sekolah merupakan pejuang IPM di lapangan diharapkan turut andil dalam meningkatkan nilai IPM Jambi," kata Al Haris di Jambi, Senin. 

Saat ini nilai IPM Provinsi Jambi yakni 71,63 poin dan untuk nilai IPM di kabupaten dan kota di daerah itu masih belum merata. Dimana nilai IPM Provinsi Jambi bervariasi dari 64,91 sampai dengan 79,12. 

Gubernur Jambi menginginkan kepala sekolah dapat meningkatkan nilai IPM di daerahnya masing-masing, sehingga akumulasi dari nilai IPM di daerah tersebut dapat meningkatkan nilai IPM Provinsi Jambi. 

"Nilai IPM dapat meningkat jika kepala sekolah SMA sederajat benar-benar bekerja dengan baik dan mampu meningkatkan mutu dengan baik," kata Al Haris. 

Menurut Al Haris jenjang pendidikan tingkat SMA sederajat merupakan fase yang cukup krusial dalam menentukan masa depan anak-anak. Dimana jenjang pendidikan SMA sederajat merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa dan persiapan peserta didik menuju jenjang pendidikan perguruan tinggi. 

Al Haris menginginkan kepala sekolah di daerah itu dapat menjabarkan dengan baik visi memantapkan kualitas SDM Pemerintah Provinsi Jambi. Dimana Pemerintah Provinsi Jambi memiliki tiga visi utama, yakni memantapkan tata kelola pemerintahan, memantapkan ekonomi masyarakat dan daerah serta memantapkan kualitas SDM.

"Sebaik apapun SDA yang dimiliki, Jambi tidak akan bisa maju tanpa SDM yang bagus, maka dari itu intervensi dari dunia pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM masyarakat Jambi penting untuk dilakukan," kata Al Haris. 

Untuk menyamakan persepsi dalam meningkatkan IPM tersebut Gubernur Jambi melaksanakan rapat koordinasi bersama seluruh kepala sekolah SMA, SMK dan SLB se Provinsi Jambi di Rumah Dinas Gubernur Jambi. Al Haris menghimbau agar seluruh kepala sekolah memajang visi misi Pemerintah Provinsi Jambi di masing-masing satuan pendidikan. 

Tujuannya agar satuan pendidikan dapat menjabarkan dengan baik visi misi yang ingin di capai oleh Pemerintah Provinsi Jambi. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022