Mahasiswa Prodi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Fakultas Peternakan Universitas Jambi  Wira Harianto mempraktekan ilmunya dengan mengembangkan ikan "guppy" yang berhasil meraih prestasi di tingkat nasional.

Salah satu ikan guppy yang dikutsertakan ke ajang lomba, berhasil meraih juara kedua kategori "juvenile patern" pada Kontes Guppy Nasional di Makasar. Provinsi Sulawesi Selatan.

Ikan Guppy adalah ikan hias air tawar yang sering kita jumpai di pasar ikan hias. Ikan Guppy memiliki tubuh yang kecil serta mempunyai beragam corak dan warna dan memiliki ekor yang lebar. Ada juga beberapa  yang memiliki ekor pendek.

Ikan ini mempunyai daya tarik tersendiri para penggemar ikan Guppy ini sering mengadakan kontes. Salah satunya adalah Kontes Guppy Nasional Makassar pada bulan akhir Februari lalu.

Sekretaris Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan Fakultas Peternakan Universitas Jambi Lisna  dikutip dari laman resmi Unja, sangat bangga dengan prestasi yang dicapai oleh mahasiswanya.

Pada Perlombaan Fakultas Peternakan mengirimkan  tiga ekor ikan Guppy untuk diikutkan dalam perlombaan, tetapi dalam perjalanan satu ekor mati dan dua ekor yang hidup sampai Makassar.

"Salah satunya bisa memenangkan juara kedua," kata Lisna.

Ia juga mengatakan kriteria penilaian SGNI (Standar Guppy Nasional Indonesia) mempunyai 3 komponen utama yang dinilai yaitu, sirip caudal, sirip dorsal, dan body.

"Setelah penilaian selesai dan diumumkan secara resmi, ikan yang kita kirim kembali ke Jambi,” katanya.

Selain itu ia berharap semoga ke depan, prodinya lebih dikenal lagi dan wirausaha mahasiswanya bisa lebih berkembang dan semakin maju.

"Mahasiswa yang mengikuti lomba ini mempunyai usaha ikan hias di rumahnya," kata Lisna menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022