Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) melalui bazar UMKM ikut memeriahkan acara HUT Kota Palembang ke-1339 dengan menampilkan booth (anjungan) yang diisi dengan produk-produk mitra binaan Kelompok Hidroponik Mariana dan kurma Wali Tajam.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan selain untuk memeriahkan perayaan HUT Kota Palembang, penyelengaraan bazar UMKM ini diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Ini merupakan salah satu upaya kami memberikan andil meningkatkan potensi UMKM di daerah dan diharapkan dapat menjaga ekonomi masyarakat tetap tumbuh," ungkap Nikho.

Ia juga menyebut bahwa UMKM tersebut berasal dari binaan BUMD dan BUMN yang ada di Kota Palembang.

Pada acara tersebut Kelompok Hidroponik Mariana menampilkan beragam produk di antaranya pempek sayuran, keripik sayuran, bolu bayam, minuman es jeruk kunci dan produk kurma wali tajam meliputi manisan terong, manisan pepaya, dan aneka keripik.

Rahmawati yang merupakan Ketua Kelompok Hidroponik Mariana sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara HUT Kota Palembang ini.

“Melalui kegiatan ini, kami para pelaku UMKM dapat memperkenalkan produk-produk kami sekaligus menjadi ajang promosi yang tentunya mempertemukan kami dengan UMKM lainnya yang ada di Kota Palembang," ujar Rahmawati.

Selain UMKM, Mitra binaan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel lainnya seperti Bank Sampah Keliling juga turut hadir dalam acara HUT Kota Palembang ini. Bank Sampah keliling hadir untuk mengedukasi dan mengajak seluruh masyarakat kota itu untuk selalu peduli akan lingkungan, dimulai dari hal terkecil seperti tidak membuang sampah sembarangan dan dapat memilah sampah.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, kelompok binaan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel dapat mengumpulkan omset senilai Rp2.274.000 dengan total pengunjung sebanyak 350 orang.

Apabila mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs) program ini mendukung tujuan ke 8 yaitu untuk “Mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja produktif serta kerja layak untuk semua”, dan tujuan ke 12 mengenai pengelolaan sampah yang berkelanjutan yang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab atas konsumsi dan produksi yang telah dilakukan.

Peringatan HUT Kota Palembang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 18 hingga 19 Juni 2022.

“Kegiatan yang diadakan selama dua hari ini guna memeriahkan HUT Kota Palembang dengan menghadirkan 20 UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan atau memulihkan perekonomian," ujarnya.

Acara peringatan HUT Kota Palembang dibuka langsung oleh Asisten III administrasi umum Pemerintah Kota Palembang Zulkarnain, mewakili Wali Kota Palembang H. Harnojoyo .

Pewarta: Dolly Rosana

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022