Sembilan mahasiswa Universitas Jambi (Unja) berangkat untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan tahun 2022 di Palangkaraya

"Sembilan mahasiswa yang berangkat adalah mereka yang lolos seleksi, diharapkan pasca-KKN Kebangsaan 2022 mereka bisa mengekspose hasil-hasil kegiatan mereka di sana dengan baik," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi (Unja) Dr Ir Teja Kaswari didampingi Kepala Humas Unja Muhammad Faris di Jambi, Minggu.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan adalah kegiatan akademik sesuai program yang diadakan penyelenggara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

KKN Kebangsaan dilakukan setahun sekali secara bergantian oleh Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) di wilayah barat dan KPTN KTI di wilayah timur dengan melibatkan semua perguruan tinggi.

Kegiatan KKN merupakan integritas dari kurikulum dan pengalaman belajar mahasiswa sesuai dengan realitas kehidupan masyarakat. Maksudnya untuk mengembangkan softskill, mematangkan kepribadian, dan menumbuhkan jiwa kebangsaan.

Pada tahun 2022 ini KKN Kebangsaan dilaksanakan di Bumi Tambun Bungai bersama Universitas Palangkaraya.

Dr Teja Kaswari mengatakan tentang pentingnya menjaga sikap, etika serta nama baik kampus selama kegiatan KKN Kebangsaan ini berlangsung. Ia meminta setelah KKN Kebangsaan ini selesai mahasiswa mampu mengekspose hasil-hasil kegiatannya secara baik.

“ Kita tentunya harus menjaga sikap dan nama baik kampus kita selama pelaksanaan kegiatan berlangsung, dan prihal kegiatan KKN Kebangsaan ini sebenarnya adalah nilai tambah bagi kita untuk bisa kita ekspose hasil-hasil yang didapat nantinya di akhir kegiatan," katanya.

Dan yang paling terpenting, kata dia  kita harus bisa selalu menjaga nama baik kampus dan nama baik pribadi.

Sementara itu salah satu mahasiswa yang yang mengikuti KKN kebangsaan ini adalah Widya Efriani Mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta) Program Studi Agribisnis menyampaikan beberapa harapannya.

“Harapannya apa yang kami lakukan disana bisa membawa nama baik Unja, dan juga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat disana,” kata Widya pada saat pelepasan tim KKN Kebangsaan 2022 Unja, Kamis (14/7).

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022