Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menggelar penukaran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi (TE) 2022 dengan membuka kas keliling di pasar-pasar tradisional di daerah tersebut.
 
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution, di Jambi, Senin (29/8) mengatakan, kegiatan penukaran ini dilakukan untuk mendekatkan layanan pengelolaan uang rupiah kepada masyarakat yang dilakukan secara berkala melalui kas keliling di pusat-pusat keramaian maupun pusat ekonomi.
 
"Agar masyarakat bisa menukarkan  Uang Rupiah Kertas TE 2022," katanya .
 
Suti  menyebutkan, sejak dibukanya layanan kas keliling Bank Indonesia untuk penukaran pecahan Uang TE 2022 ini mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat.  Seperti yang terlihat di kawasan Pasar Mama, Kota Jambi. Saat kedatangan mobil kas keliling Bank Indonesia, masyarakat langsung mengantri untuk  menukarkan uang TE 2022.
 
"Masyarakat sudah melihat di media informasi mengenai Uang Rupiah TE 2022 ini, jelas mereka juga ingin memilikinya sehingga kita bisa lihat sendiri masyarakat langsung antri," katanya menambahkan.
 
Kegiatan penukaran uang melalui kas keliling ini sudah dilakukan Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi sejak minggu lalu ke pasar tradisional Angsoduo, Pasar  Talang Banjar dan pasar Auduri.  Aktivitas penukaran uang Rupiah TE 2022 ini akan terus berlanjut yakni pada 30 Agustus 2022 di Pasar Simpang Bata Kota Jambi dan pada 31 Agustus 2022 di Pasar Tradisional Olang Kemang, Seberang Kota Jambi.
Mobil kas keliling Bank Indonesia Jambi membuka layana. Penukaran uang TE 2022 di sejumlah pasar tradisional (ANTARA/HO-BI Jambi)
Dengan layanan penukaran mobil kas keliling ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi hadir di tengah masyarakat guna memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kehadiran uang Rupiah Kertas TE 2022.
 
"Uang ini sudah bisa dibelanjakan, gunanya kita hadir disini untuk memberikan informasi supaya masyarakat mengenali Uang Rupiah TE 2022 sehingga tidak ada penolakan saat bertransaksi," katanya.
 
Penukaran Uang Rupiah TE 2022 ini, kata Suti dapat dilakukan melalui website www.pintar.bi.go.id. Masyarakat dapat melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu kemudian memilih lokasi pendaftaran melalui kas keliling.
 
Sementara itu, jumlah penukaran Uang Rupiah TE 2022 sejak 22 sampai 25 Agustus 2022 melalui mobil kas keliling Bank Indonesia mencapai Rp775,5 juta.
 
"Satu orang bisa tukar sampai lima paket, satu paketnya nominal Rp200 ribu," katanya menerangkan.
 
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi juga mendorong perbankan di Provinsi Jambi untuk mensosialisasikan Uang Rupiah TE 2022 ini kepada nasabah.  Suti menambahkan, BI Jambi juga memfasilitasi perbankan untuk penarikan Uang Rupiah Kertas TE 2022 untuk  kemudian dapat disalurkan kepada nasabah.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022