Mahasiswa Universitas Jambi (Unja) menginisiasi pendirian Pustaka Tepi Laut di Desa Tanjung Solok, Kampung Laut, Tanjab Timur, Provinsi Jambi  sebagai upaya meningkatkan budaya literasi bagi anak-anak di daerah tersebut.

"Pustaka Tepi Laut adalah program yang diusung oleh Tim PKM-PM Universitas Jambi tahun 2022 sebagai bentuk kepedulian terhadap rendahnya budaya literasi," kata Dosen Pendamping Tim PKM-PM UNJA, Rahmi.

Rahmi menambahkan, kehadiran  Pustaka Tepi Laut di desa tersebut diharapkan dapat menjadi sarana dalam meningkatkan budaya literasi dan menjadi jendela dunia bagi anak-anak Desa Kampung Laut dalam meraih mimpi-mimpinya.

Kegiatan tersebut sudah berlangsung selama hampir 3 bulan dengan puncak kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus sampai  28 Agustus 2022. Tim PKM-PM yang diketuai oleh Shintya Azzahra dari Prodi Pendidikan Fisika merasa sangat senang karena proposal yang mereka usulkan lolos pendanaan tingkat nasional.

 Lurah Tanjung Solok, Ayu, menyampaikan rasa terima kasih yang begitu besar kepada Tim PKM-PM UNJA karena telah menginisiasi kegiatan yang sangat bermanfaat di Desa Kampung Laut, dan berharap dengan hadirnya Pustaka Tepi Laut dapat mengurangi kebiasaan anak-anak dalam bermain gawai.
 
" Karena mereka lebih berfokus untuk belajar sambil bermain, membaca buku, dan mewarnai bersama teman-temannya," katanya.

Mengisi kegiatan pembukaan Pustaka Tepi Laut ini, Lurah Tanjung Solok juga memberikan pertanyaan kepada anak-anak yang hadir, kemudian memberikan reward kepada anak-anak.

 Ketua RT , H. Muslimin  mengungkapkan  terima kasih kepada Tim PKM-PM UNJA yang sudah memfasilitasi anak-anak Desa Kampung Laut dengan memberikan lemari buku, bahan buku bacaan, meja belajar, papan tulis, dan lainnya.

Selanjutnya, pengelolaan PustakaTepi Laut ini diberikan oleh Tim PKM-PM kepada  siswa-siswi  SMA N 9 Tanjung Jabung Timur. Tim PKM-PM UNJA berharap kegiatan rutin Pustaka Tepi Laut ini dapat terus berjalan dengan pengelola yang baru dan Tim PKM-PM UNJA akan melakukan evaluasi kegiatan sekitar dua atau tiga bulan berikutnya.



 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022