Jajaran Polres Kerinci  Polda Jambi menggerebek gudang tempat  penyimpanan ratusan jerigen Bahan Bakar Minyak (BBM)  bersubsidi jenis solar di Desa Air Panas Semurup, Air Hangat Barat, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Kapolres Kerinci, AKBP Patria Yuda Rahadian, di Jambi, Senin (5/9/2022) mengatakan, setiba di lokasi personilnya  langsung menyita dan membawa barang bukti dengan mengangkut 2 unit mobil dump truk dan satu unit mobil L300.

"Kasus penggerebekan dugaan penimbunan BBM kali ini termasuk terbesar yang pernah terjadi di wilayah hukum Polres Kerinci," katanya.

 Kasubbid Penmas  Polda Jambi Kompol Mas Edy, membenarkan pengungkapan ratusan jerigen BBM Solar dan puluhan pupuk tersebut. Dia menyebutkan, terdapat  268 jerigen yang masing-masing berisi 30 liter dengan jumlah seluruhnya  8.040 liter, 153 jerigen kosong dan pupuk sebanyak 33 karung berhasil kita amankan dari gudang pelaku.

"Selain ditemukan BBM subsidi , personil kami juga menemukan pupuk," katanya.

Mas Edy menerangkan, bahwa di gudang tersebut turut ditemukan juga ribuan rokok tanpa cukai sekitar 55 ribu batang rokok. Saat dilakukan penggerebekan gudang tersebut dijaga oleh dua orang yakni MK dan KI.

" Saat dilakukan penggerebekan ditemukan dua orang pria  MK dan KI yang merupakan karyawan gudang tersebut, " jelasnya.

Saat ini, kata Mas Edy, kedua orang itu beserta barang bukti langsung diamankan ke Mapolres Kerinci dan untuk pemilik gudang sedang ditelusuri keberadaannya.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Jambi juga telah menindak   puluhan penyalahgunaan BBM subsidi tersebut selama Agustus  2022. Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto,  mengatakan, sudah terdapat  48 orang tersangka yang diamankan dari 35 kasus yang berhasil diungkap sejak dilakukan operasi pada awal  selama Agustus 2022.

" Para pelaku yang saat ini diamankan merupakan hasil pengungkapan  di seluruh  wilayah Provinsi Jambi, paling banyak dari Kerinci," katanya.

Adapun barang bukti yang telah  diamankan Polda Jambi yakni  berupa 74 ribu  liter solar, 17 ribu liter minyak tanah, 1.050 liter Pertalite, 1 unit trumk R12, 7 unit truk, 4 unit truk tangki, 1 unit mobil jeep, 13 unit mobil pickup, 9 unit minibus, 1 unit mikrobus dan 1 kapal tugboat.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022