Pemerintah Kabupaten Merangin Provinsi Jambi memperkenalkan secara nasional "Tradisi Makan Jantung" yang berkembang di kalangan masyarakat Desa Guguk Kecamatan Renah Pembarap dengan mengemas dalam bentuk festival yang digelar di kawasan Geopark Merangin.

"Ini merupakan acara adat warga Desa Guguk secara turun temurun sejak 200 tahun lalu. Kita perkenalkan adat atau ritual ini sehingga bisa dikenal masyarakat luas," kata Bupati Merangin  Mashuri didampingi Kadiskominfo Merangin, Muhammad Arief di Bangko, Rabu.

Salah satu upaya untuk mengangkat dan memperkenalkan adat dan kearifan lokal khas warga di Renah Pembarap tersebut, adat atau tradisi makan jantung kerbau itu dikemas menjadi Festival Makan Jantung.

Gubernur Jambi Al Haris dan Ketua Dekranasda/Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hesnidar Haris yang juga mantan Bupati Merangin sekaligus putra Merangin tersebut memberikan dukungan penuh. Orang nomor satu di Provinsi Jambi itu membuka festival di kawasan Geopark Merangin tersebut.

Acara tradisi  makan jantung kerbau itu, dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Desa Guguk Kecamatan Renah Pembarap pada akhir pekan lalu.

Festival Makan Jantung tersebut terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain "makan sejamba" yakni hasil masakan dari ritual makan jantung, bazaar kuliner dan UMKM.



Ketua Panitia Pelaksana Festival Makan Jantung Deddy Setiawan mengatakan pada acara tersebut juga digelar atraksi seni dan budaya daerah, permainan rakyat, lomba kuliner khas daerah, workshop kuliner dan tampilan seni kreasi dari sejumlah kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi.

"Bagi kami warga Desa Guguk, acara ritual ini harus dilakukan setiap tahunnya. Acara ini juga merupakan "Penurunan Piagan Lantak Sepadan". Jadi memang acara ini tidak pernah absen," terang Deddy Setiawan.

Sedangkan peserta Festival Makan Jantung itu, diikuti seluruh masyarakat Desa Guguk Kecamatan Renah Pembarap, masyarakat Kabupaten Merangin, UMKM Desa Guguk dan UMKM dari Kabupaten Merangin.

Ratusan murid SD setempat dan para pelajar SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Merangin juga ikut terlibat, termasuk penampilan dari sanggar seni/komunitas budaya dari Kabupaten Merangin dan kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Merangin Jambi angkat "Tradisi Makan Jantung" ke kancah nasional

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022