Program pembangunan desa di Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) Jambi dari program padat karya lewat anggaran APBN 2023, diharapkan harus bisa dimanfaatkan maksimal agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di kabupaten tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Tanjabbar, Hairan saat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi V, H Bakri di gedung Balai Pertemuan Kantor Bupati, Selasa.

Wabup Tanjabbar juga minta desa dan kelurahan di daerahnya bisa memanfaatkan program pusat tersebut dan digunakan semaksimal mungkin untuk pembangunan desa sehingga hasil pembangunannya bisa dirasakan masyarakat luas dan pemerintah berharap program untuk desa dan kelurahan bisa terus bergulir.

Dalam pertemuannya dengan wakil rakyat itu, mewakili bupati, Wabup Hairan mengatakan sangat menyambut baik kunjungan H Bakri tersebut dan mengapresiasi atas berbagai program desa yang nantinya akan diterima Kabupaten Tanjungjabung Barat yang meliputi kegiatan berupa 33 bedah rumah, tujuh pemangunan irigasi desa, 17 pembangunan jalan antar desa, sembilan sanitasi pedesaan, BUM Desa, dua MCK Ponpes, enam lampu jalan, 47 rehap sekolah, dua persampahan dan dua halte sungai.

"Dari 10 Program di atas tersebar di Desa/Kelurahan pada 13 Kecamatan se-Kabupaten Tanjungjabung Barat," kata Hairan.

Pemerintah kabupaten juga berharap bagi desa yang mendapatkan bantuan program tersebut hendaknya dimanfaatkan sebesar- besarnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa khususnya dan masyarakat Kabupaten Tanjungjabung Barat pada umumnya.

Sementara itu H Bakri menyampaikan untuk tahun seluruh Indonesia ada sebanyak 88 desa yang mendapatkan program padat karya tersebut dengan nilainya kurang lebih Rp200 miliar untuk tahun anggaran 2023.

"Saya juga berpesan kepada kepala desa di Jambi khususnya, ayo laksanakan kegiatan padat karya ini dengan melibatkan masyarakat sehingga pada saat lepas masa COVID-19 ini ekonomi masyarakat desa bisa bergejolak bangkit dengan adanya program padat karya ini diharapkan tidak ada masyarakat desa yang menganggur," kata Bakri.

Turut hadir pada kegiatan tersebut perwakilan Dinas Perhubungan pusat, perwakilan dari kementerian yaitu kepala balai sumber daya air, Ka Cipta Karya, Ka SNVT, Perumahan, Plh Sekda H Firdaus Khatab, Kepala OPD terkait, para kepala desa dan lurah, para ketua BPD dan undangan lainnya.

 



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023