Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) mempercepat pelaksanaan program setelah libur lebaran.

Demikian yang dikatakan Wakil Wali Kota Jambi Maulana di Jambi, saat sidak daring atau online kehadiran ASN dan tenaga kerja kontrak (TKK), Rabu.

"Pada sidak online secara simultan tidak saja mengecek kehadiran tapi juga untuk memberikan evaluasi apa saja yang sudah dikerjakan masing-masing OPD dan apa instruksi Wali Kota terhadap OPD untuk segera mengakselerasi program setelah lebaran," katanya.

Maulana juga mengingatkan seluruh Pegawai Negeri Sipil dan TKK Pemkot Jambi untuk tidak bersantai-santai. Tapi langsung mengejar penyelenggaraan program sesuai perencanaan.

Sementara itu, pada Rabu pejabat Pemkot Jambi memastikan kehadiran para Aparatur Sipil Negara dan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) setempat pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran melalui sidak yang dilakukan secara online.

Ia menjelaskan pelaksanaan sidak dengan sistem online sudah tiga tahun dilakukan Pemkot Jambi dan menunjukkan hasil yang efektif.

Pelaksanaan sidak secara daring ini, kata dia sangat efektif karena semua berbasis data, bersifat online sehingga fakta bisa dilihat dan tidak bisa berbohong.

Oleh karena itu, kata dia dengan optimalisasi teknologi ini Pemkot Jambi dapat mengevaluasi seluruh pegawai dimanapun berada.

Pada sidak online yang dilakukan ini terlihat kehadiran ASN dan TKK mencapai 98 persen sudah hadir menjalankan tugas.

Selain itu, dilaporkan pula bahwa pelayanan publik di Kota Jambi sudah kembali dilakukan seiring tingkat kehadiran pegawai yang tinggi.

Terkait masih adanya ASN yang belum hadir pada hari pertama kerja setelah libur lebaran ini, Pemkot Jambi akan memintai keterangan dari yang bersangkutan. Jika ditemukan pelanggaran maka akan diberikan sanksi.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023